alexametrics

Sofyan Basir, Moncer Pimpin BRI Tapi ‘Tersungkur’ di PLN

23 April 2019, 18:59:48 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Direktur Utama PLN Sofyan Basir sebagai tersangka kasus PLTU Riau 1. Sofyan diduga bersama-sama atau membantu Eni Maulani Saragih selaku anggota DPR dan kawan-kawan menerima hadiah dan janji dari pengusaha bernama Johannes Budisutrisno Kotjo.

“KPK meningkatkan status penanganan perkara dari penyelidikan ke penyidikan dengan menetapkan 1 orang dengan tersangka SFB (Sofyan Basir) Direktur Utama PLN,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (23/4).

Sebelum jadi Bos PLN pada 2014, Sofyan Basir lama menapaki karirnya di dunia perbankan. Mengutip dari berbagai sumber, Pria berusia 64 tahun yang lahir pada 27 Mei 1958 ini memiliki rekam jejak yang piawai di dunia jasa keuangan. Setelah meraih gelar Diploma dari STAK Trisakti pada 1980, Sofyan Basir memulai kariernya di dunia perbankan di Bank Duta pada 1981.

Kemudian, bergabung dengan Bank Bukopin pada 1986 dan telah menduduki beberapa jabatan manajerial di Bank Bukopin termasuk Direktur Komersial, Group Head Line of Business, dan Pemimpin Cabang di beberapa kota besar Indonesia.

Setelah itu, Sofyan Basir dipercaya menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia  (Bank BRI) pada 17 Mei 2005 dan terpilih kembali untuk periode jabatan kedua pada 20 Mei 2010. Pada tahun yang sama, Ia juga mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari STIE Ganesha, Jakarta pada 2010 dan gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Trisakti, Jakarta didapatkan pada 2012

Di tangan Sofyan, bank pelat merah yang kerap mendapat julukan bank pasar dan desa berubah menjadi bank modern yang siap bersaing dengan bank umum lain. Beberapa keputusan strategis Sofyan terbukti berdampak baik terhadap kinerja dari BRI.

Dibawah kepemimpinannya, BRI berhasil menjadi sejajar dengan berbagai Bank lainnya yang ada di Indonesia. Berkat adanya semangat dan kegigihannya juga, berbagai penghargaan telah diberikan kepada dirinya dan juga BRI sebagai bank terbaik.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri

Alur Cerita Berita

Lihat Semua