alexametrics

Kasus Covid-19 Masih Bertambah, Jokowi: Untung Vaksin Sudah Diamankan

23 Februari 2021, 15:31:45 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sejak awal Indonesia diserang virus Korona, pemerintah sudah bergerak untuk mengamankan vaksin Covid-19. Kini, Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang memulai vaksinasi meskipun laju kasus harian Covid-19 masih terbilang tinggi.

“Diplomasi vaksin kita sudah berjalan sejak awal pandemi. Hasilnya Indonesia adalah termasuk negara pertama di Asia Tenggara yang telah memulai vaksinasi sejak Januari 2021,” ujar Jokowi dalam sambutannya di International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic, seperti ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/2).

Jokowi menambahkan, Indonesia patut bersyukur sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lewat kerja sama internasional. “Kita harus terus mendorong agar kesetaraan akses vaksin bagi semua,” katanya.

Untuk diketahui, sudah hampir 1 tahun Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Lebih dari 110 juta orang di seluruh dunia terdampak dan hampir 2,5 juta orang harus kehilangan nyawa karena virus ini.

Per Senin (22/2) kemarin, Indonesia sudah ada total 1.288.833 kasus dengan jumlah orang meninggal sebanyak 34.691.

“Kita dan dunia belajar untuk memahami virus ini dan membuat kebijakan-kebijakan terbaik untuk mengatasinya,” ungkapnya.

Pada saat yang sama, Indonesia juga harus berusaha untuk mengatasi dampak sosial ekonomi dari pandemi Covid-19 ini. Negara-negara lain pun sedang jatuh-bangun untuk memperbaiki hal serupa.

“Masing-masing negara pasti sudah melakukan segala upaya untuk menanggulangi krisis ini. Namun, lebih dari itu kita harus merancang secara akurat, secara lebih detail apa yang harus kita lakukan bersama-sama dengan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono




Close Ads