alexametrics

Ahok Bebas, Fahri Hamzah: Welcome Back

23 Januari 2019, 18:25:48 WIB

JawaPos.com – Bebasnya terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama pada Kamis (24/1) esok, ditanggapi Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Ia menyambut baik kembalinya pria yang akrab disapa Ahok itu ke masyarakat.

Menurut Fahri, setiap orang yang telah melewati masa tahanan berhak untuk mendapatkan kebebasan dan harus diucapkan selamat. “Welcome back. Selamat menempuh hidup baru,” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (23/1).

Sebagai orang yang juga mengenal Ahok, Fahri mengaku senang mendengar berita mantan gubernur DKI Jakarta itu dibebaskan. Ia berharap Ahok dapat memulai hidup dan pengabdian kepada bangsa, negara, serta masyarakat.

Apa bentuk pengabdian itu, katanya hanya Ahok yang tahu apa yang harus dikerjakan. “Mudah-mudahan kembalinya ke masyarakat bisa memberikan makna yang lebih besar,” tutur Fahri.

Sekadar informasi, Ahok dijadwalkan akan bebas dari Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (24/1) besok. Adapun dia teregister sebagai tahanan Lapas Kelas I Cipinang dengan nomor 83/DU/2017.

Selama menjalani masa pemidanaan, Ahok diketahui mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman sebanyak 3 bulan 15 hari. Dengan rincian, dia mendapat remisi khusus Natal pada 2017 selama 15 hari.

Lalu, remisi umum 17 Agustus 2018 sebanyak 2 bulan dan remisi khusus Natal 2018 sejumlah 1 bulan. Dengan pengurangan remisi tersebut total Ahok menjalani masa pemidanaan selama 1 tahun 8 bulan 15 hari.

Selama itu pula, Ahok katanya tidak pernah menggunakan haknya sebagai narapidana. Baik itu cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersayarat, juga cuti menjelang bebas.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ahok Bebas, Fahri Hamzah: Welcome Back