Kuliah Online Membosankan, Dosen Perlu Kreatif

22 November 2022, 16:55:35 WIB

JawaPos.com- JAKARTA, Seiring melandainya kasus Covid-19 di Indonesia, perkuliahan kembali dijalankan secara tatap muka. Meskipun begitu sejumlah dosen ada yang mengombinasikan kelas tatap muka dengan kelas virtual. Supaya tidak membosankan, dosen perlu kreatif menjalankan perkuliahan online.

Pesan itu disampaikan guru besar sekaligus Vice Rector Global Employability and Entrepreneurship Binus University Prof Meyliana. Dia menegaskan untuk saat ini kelas virtual tidak bisa dijalankan sebatas dosen berceramah atau share slide Power Point (PPT) saja. “Karena bisa membuat mahasiswa cepat bosan,” katanya di kampus Binus Anggrek Jakarta pada Senin (21/11).

Menurut dia kelas virtual saat ini, berbeda dengan kelas virtual saat awal-awal pandemi dulu. Pada saat itu kelas virtual bisa jadi sebuah metode yang baru dan disambut antusias mahasiswa atau pelajar. Namun saat ini kelas virtual harus dikelola dengan baik, supaya para mahasiswa atau siswa tidak cepat bosan.

Meyliana yang juga ketua proyek Binus Metaverse itu mengatakan, kelas virtual bisa disisipi kegiatan yang seru dan mengasyikkan. Contohnya adalah disisipi kegiatan kuis online terkait dengan materi pelajaran. “Untuk kuis online, bisa dijalankan dengan website Kahoot,” katanya.

Contoh lainnya dosen bisa mengajak mahasiswa melakukan semacam diskusi virtual yang lebih aktif dan menarik dengan layanan Note. Bahkan dosen bisa mengajak mahasiswanya untuk bersama-sama membuat film selama proses perkuliahan virtual.

Meyliana menegaskan guru atau dosen harus semakin kreatif. Sebab mahasiswa ada yang kreatif memasang rekaman video sebagai background Zoom. Jadi seolah-olah dia sedang open camera dan menyimak paparan. Padahal itu hanya rekaman, sementara mahasiswa entah kemana.

Menurut Meyliana meskipun pandemi semakin menyusut, bukan berarti kelas virtual bakal ditinggalkan. Bahkan digitalisasi perkuliahan bisa semakin meningkat kualitasnya dengan perkembangan teknologi metaverse. Di mana interaksi antara dosen dengan mahasiswa tidak sebatas berhadapan secara online seperti di aplikasi Zoom. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads