alexametrics

Eks Komisioner KPK Dipercaya Duduki Kursi Komut BTN

22 November 2019, 23:16:54 WIB

JawaPos.com – Selain PT Pertamina (Persero), PT Bank Tabungan Negara (Persero) juga mendapatkan nahkoda baru. Posisi Direktur Utama (Dirut) akan dijabat oleh Pahala Mansury dan posisi Komisaris Utama (Komut) akan diduduki oleh Chandra Hamzah yang merupakan manatan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir mengatakan, jabatan lama Pahala sebagai Dirut Keuangan Pertamina akan diisi oleh Emma Sri Martini yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Telkomsel.

“Pahala Mansury, akan memimpin PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sebagai Direktur Utama,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada JawaPos.com di Jakarta, Jumat (22/11).

Kemudian, Chandra Hamzah yang sebelumnya Komisaris Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan diangkat sebagai Komut BTN karena memiliki latar belakang pendidikan yang tepat.

“Kita tahu bahwa di BTN itu ada isu-isu yang kurang baik yang tentu harus dilihat secara hukum. Apalagi BTN ini kan ujung tombak dari pembiayaan perumahan rakyat, sehingga kalau nanti ini tidak sehat kan tidak bagus,” jelasnya.

Untuk posisi Komut PT Pertamina (Persero) akan dipercayakan pada Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. Sementara wakilnya adalah Wakil Menteri I BUMN Budi Gunadi Sadikin.

“Iya Insya Allah, saya rasa (penunjukan Direksi dan Komisaris PT Pertamina) sudah putus dari beliau (Presiden Jokowi). Pak Basuki akan menjadi Komisaris Utama lalu didampingi oleh Wamen, Pak Budi menjadi Wakil Komisaris Utama,” ungkapnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads