alexametrics

Antisipasi Libur Nataru, Kemenhub Siapkan Seribu Lebih Kapal Penumpang

22 November 2019, 00:15:35 WIB

JawaPos.com – Jumlah pengguna angkutan laut diprediksi naik tajam pada momen libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Estimasinya jumlah pengguna mencapai 1.191.786 orang.

Terkait hal itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wisnu Handoko menuturkan, kenaikan diperkirakan terjadi sepanjang libur Nataru. Yakni mulai dari 18 Desember 2019 sampai 8 Januari 2020. Dengan puncaknya pada 21 Desember untuk periode pra-Natal, 28 Desember pada periode Natal dan Tahun Baru, serta 4 Januari 2020 periode pasca Tahun Baru.

“Kami meprediksi adanya lonjakan penumpang sebesar 1,84 persen atau 1.191.786 orang dari tahun sebelumnya,” ujarnya di Jakarta, Kamis (21/11).

Wisnu mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi untuk momen Nataru kali ini. Terlebih, pada angkutan laut di kawasan Indonesia Timur. Ditjen Perhubungan Laut telah menyiapkan 1.293 kapal dengan kapasitas 3.415.838 penumpang untuk melayani penumpang sepanjang masa libur Nataru.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Laut juga akan melaksanakan pemantauan dengan menggelar Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Posko didirikan di 51 pelabuhan di Indonesia guna memastikan penumpang dapat dilayani dengan baik.

Lonjakan penumpangjuga diprediksi terjadi pada moda angkutan kereta. Jumlah penumpang kereta api (KA) saat libur Nataru diperkirakan naik hingga 4 persen dari kondisi normal.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi adanya lonjakan tersebut. KAI sudah menyiapkan 404 perjalanan kereta api, yang terdiri dari 374 KA Reguler dan 30 KA Nataru untuk momen libur panjang kali ini. Jumlah tersebut naik 2,5 persen dari tahun lalu pada momen yang sama.

“KAI juga telah menyiapkan stasiun dan prasarana, untuk mengantisipasi peningkatan penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru nanti,” katanya.

Tiket tersebut saat ini sudah mulai dipesan. Seperti biasa, tiket KA jarak jauh reguler dijual sejak H-30 sebelum keberangkatan. Sementara untuk KA lokal, tiket dapat dipesan mulai H-7 keberangkatan. Tiket bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access, laman resmi kai.id, call center, atau 3 jam sebelum keberangkatan di loket stasiun.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Zalzilatul



Close Ads