alexametrics

Wapres Ma’ruf Amin Usul Ada Gerakan Wakaf Tunai, Untuk Apa?

22 Oktober 2020, 15:56:17 WIB

JawaPos.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin, mengusulkan Gerakan Nasional Wakaf Tunai (GNWT) yang berperan untuk memperluas partisipasi masyarakat dalam mengumpulkan dana sosial dalam percepatan pembangunan nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ma’ruf menjelaskan, hal tersebut telah disetujui oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, gerakan tersebut akan melibatkan semua masyarakat dari berbagai lapisan termasuk para pejabat negara.

“Ini akan kita launching nanti dan melibatkan semua yang mengaku muslim, mulai dari presiden, wapres, menko-menko, menteri sampai ke kepada semua pejabat (seperti) gubernur, bupati,” ujarnya secara virtual, Kamis (22/10).

Ma`ruf menjelaskan, wakaf sendiri merupakan salah satu bentuk sedekah jariyah yang dalam agama Islam pahalanya tidak pernah terputus. “Orang kalau meninggal dunia amalnya putus, kecuali tiga yang salah satunya itu sedekah yang terus mengalir. Kata ulama itu wakaf, karena modalnya tidak akan boleh hilang,” ucapnya.

Melalui gerakan wakaf tersebut, Ia berharap wakaf tunai yang dikumpulkan oleh masyarakat dapat terkumpul dan dimanfaatkan untuk program pembangunan dan pemulihan ekonomi, sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga.

Ma`ruf menyebut, Wakaf akan terus berkembang, diinvestasikan menjadi dana abadi yang tidak boleh berkurang bamun manfaatnya akan terus berkembang. Hal ini dalam rangka pengembangan dana sosial masyarakat.

“Itu yang insya Allah akan kita kembangkan dalam upaya pengembangan zakat ini. pengelolaan dan pengembangan wakaf tunai tersebut memerlukan inovasi dan kreatifitas untuk dapat menghasilkan,” jelasnya.

Untuk dapat mewujudkannya, Ma`ruf menambahkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan saat ini ialah dengan meningkatkan literasi umat Islam terkait pentingnya wakaf. Menurut dia, literasi masyarakat beragama Islam terhadap wakaf masih lebih rendah dibandingkan zakat.

“Persepsi masyarakat terhadap wakaf selama ini ialah hanya wakaf tanah, padahal wakaf sebenarnya tidak harus berupa benda tidak bergerak, tetapi juga bisa berupa uang dan surat berharga,” tutupnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads