alexametrics

Bahlil Lahadalia, Anak Kampung Asal Papua yang Segera Jadi Menteri

22 Oktober 2019, 16:43:34 WIB

JawaPos.com – Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Bahlil Lahadalia mendatangi Istana Presiden pada Selasa (22/10) siang. Beredar kabar, Bahlil akan ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk mengisi pos Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bahlil menuturkan diskusi dirinya dan Jokowi terkait dengan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi baru yang dimulai dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, mereka juga membahas perkembangan UMKM, investasi dan konsumsi.

“Berbicara investasi dan UMKM. Tidak bicara spesifik itu (koperasi, Red), berbicara dari segi ekonomi lebih luas, kemudian juga soal regulasi yang tumpang tindih pusat dan daerah,” ungkap Bahlil kepada awak media di Istana Negara.

Bahlil menegaskan, ia siap menerima tugas dari Jokowi sebagai pembantunya untuk lima tahun ke depan bilamana benar didapuk. Meski dunia UMKM baru baginya, ia siap ambil bagian dalam Kabinet Kerja jilid II.

Tak hanya itu, Bahlil menyatakan siap menanggalkan entitas bisnis jika dilantik sebagai salah pembantu Presiden Jokowi. “Sebagai anak kampung dari Papua, saya terhormat dan terpanggil bisa mengambil bagian mengabdikan diri bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Bahlil lahir di Banda Tengah, Maluku, 43 tahun silam. Meski demikian, sebagian besar hidupnya dihabiskan di Fakfak dan Jayapura, Papua. Tercatat ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum HIPMI periode 2015-2019.

Bahlil kerap disebut-sebut sebagai calon kuat menteri Kabinet Kerja jilid II sejak jauh-jauh hari. Pada acara HIPMI beberapa waktu lalu, Jokowi mengatakan jika Bahlil sudah dibidik masuk kabinet yang akan datang.

“Bukan berpotensi, sangat berpotensi. (Bahlil, Red) punya kemampuan manajerial, kemampuan mengeksekusi, saya lihat memiliki itu, jadi bisa jadi menteri apa saja,” puji Jokowi waktu itu.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rozak



Close Ads