alexametrics

Kerusuhan di Papua, Bamsoet: Jangan Sampai Ditunggangi Provokator

22 Agustus 2019, 10:41:26 WIB

JawaPos.com – Kondisi Papua pasca kerusuhan pada tanggal 18 Agustus lalu sudah berangsur-angsur pulih. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta para masyarakat Papua bisa menahan diri dan tidak terprovokasi.

“Jangan sampai para provokator memanfaatkan situasi untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (21/8).

Bamsoet menilai, kerusuhan yang sudah menimbulkan banyak kerugian kemarin tidak boleh meluas lebih jauh. Di satu sisi, Bamsoet juga yakin bahwa banyak pihak kecewa dengan berbagai tindakan rasialis dan diskriminatif yang menjadi pemicu utama kerusuhan tersebut.

“Namun saya yakin, kebesaran hati masyarakat Papua akan bisa memberikan maaf,” katanya.

Kerusuhan di Papua, kata Bamsoet, bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Kejadian kemarin adalah gambaran apa yang bakal terjadi jika perilaku rasialis terus dipelihara dan diturunkan ke generasi berikutnya.

“Wali Kota Malang, Wali Kota Surabaya, Gubernur Jawa Timur, serta jajaran pemerintah pusat sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah Papua dan Papua Barat. Insyaallah, berkat doa dan kerja sama semua pihak, tanah Papua bisa kembali damai,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads