alexametrics

PPKM Darurat Diperpanjang, Penyekatan Masuk Jakarta Masih Berlaku

22 Juli 2021, 10:11:47 WIB

JawaPos.com – Pemerintah pusat telah resmi mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diperpanjang sampaj dengan 25 Juli 2021 mendatang. Atas dasar itu, Polda Metro Jaya memastikan kebijakan mobilitas warga di wilayah Jadetabek masih sama dengan yang diterapkan sebelumnya.

“Belum ada (kebijakan baru), masih sama dengan sebelumnya,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Kamis (22/7).

Sambodo menyampaikan, titik penyekatan masuk wilayah DKI Jakarta masih tetap diberlakukan. Hanya sektor kritikal dan esensial yang diizinkan melewati pos penyekatan.

“Penyekatan tetap kita laksanakan, sambil menunggu perkembangan kebijakan pemerintah di tanggal 26 Juli,” imbuhnya.

Sementara itu, apakah akan ada pembukaan bertahap mulai 26 Juli 2021, Sambodo menyebut masih menunggu kebijakan pemerintah. “Menunggu kebijkan pemerintah dan hasil kajian nanti,” tukasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan, mulai 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat) secara bertahap. Tapi, hal ini dilakukan jika kasus Covid-19 dikatakan mulai mengalami penurunan.

“Jika tren kasus terus mengalami penurunan maka 26 juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap,” ujarnya secara virtual, Selasa (20/7).

Baca Juga: Ini Sanksi Pidana Bagi Pelanggar PPKM Darurat

Jokowi mengakui, penerapan PPKM darurat yang dimulai 3 juli 2021 yang lalu merupakan kebijakan yang tidak bisa dihindari. Kebijakan yang harus diambil pemerintah meskipun terasa sangat berat. Langkah tersebut dilakukan untuk menurunkan penularan covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit.

Jokowi menyebut, keberhasilan PPKM Darurat terlihat dari data dimana penambahan kasus dan kepenuhan tempat tidur rumah sakit mengalami penurunan.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads