alexametrics

Legislator PDIP: Saat Darurat, Tracing dan Testing Harusnya Ditambah

22 Juli 2021, 16:17:15 WIB

JawaPos.com – Pemerintah berencana melonggarkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 pada 26 Juli mendatang jika data tren penularan menurun. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris mengatakan rencana pemerintah melonggarkan PPKM Level 4 tersebut harus dibarengi dengan peningkatan jumlah testing dan tracing.

“Sebab, semakin banyak jumlah testing dan tracing, semakin riil juga data penularan dengan kondisi penularan sebenarnya di lapangan,” ujar Charles kepada wartawan, Kamis (22/7).

Namun demikian, Charles mengeluhkan jumlah testing malah diturunkan oleh pemerintah. Bahkan, jumlah testing Rabu (21/7) atau sehari setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4, malah menurun menjadi 153.330 spesimen, atau terendah selama sepekan terakhir.

“Namun dalam beberapa hari terakhir justru kondisi sebaliknya, yakni jumlah testing yang semakin menurun,” katanya.

Oleh sebab itu, legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut menuturkan penurunan jumlah testing dan tracing ini seharusnya tidak boleh terjadi dengan alasan apapun. “Ketika kita sedang menghadapi kondisi darurat seperti ini, jumlah testing dan tracing justru harus ditingkatkan berkali-kali lipat, bahkan kalau perlu hingga 1 juta testing per hari,” tegasnya.

Dengan jumlah testing dan tracing yang tinggi, diharapkan data angka penularan bisa mendekati kondisi sebenarnya. Sehingga keputusan yang diambil pemerintah pada akhir masa perpanjangan PPKM Level 4 ini juga tepat.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads