alexametrics

Angka Covid-19 Tinggi, Masyarakat Diminta Patuh dan Disiplin Prokes

22 Juni 2021, 10:54:41 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berpendapat bahwa langkah pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 harus dilakukan seimbang.

Menurut Lestari, jika benar-benar ingin meredam ledakan kasus positif Covid-19 di Tanah Air. Kemudian peningkatan kepatuhan masyarakat menjalankan kebijakan pencegahan Covid-19 harus menjadi perhatian serius.

“Pertambahan jumlah pasien Covid-19 di sejumlah fasilitas kesehatan sejauh ini diantisipasi dengan baik lewat berbagai upaya. Namun yang tidak kalah penting bagi para pemangku kepentingan, harus secara konsisten meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan kebijakan pencegahan seperti disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes),” ujar Lestari kepada wartawan, Selasa (22/6).

Tanpa kepatuhan masyarakat dalam disiplin prokes dan sejumlah kebijakan pengendalian Covid-19, menurut Lestari, lambat laun sistem kesehatan nasional tidak mampu mengantisipasi pertambahan kasus positif Covid-19 yang demikian cepat.

Berdasarkan catatan Satgas Covid-19 per Minggu (6/6) dalam pantauan satu pekan terakhir, baru 41,90 persen. dari 358 kabupaten/kota di Indonesia yang tingkat kepatuhan warganya mengenakan masker dan menjaga jarak di atas 90 persen.

Jadi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, lebih dari setengah masyarakat di mayoritas kabupaten/kota di Indonesia belum mematuhi kebijakan untuk menjalankan prokes, seperti mengenakan masker dan menjaga jarak, yang sangat penting dalam pecegahan penyebaran Covid-19.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Gunawan Wibisono, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads