alexametrics

Besok RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Mulai Tampung Pasien Korona

22 Maret 2020, 13:09:44 WIB

JawaPos.com – Kesiapan rumah sakit (RS) darurat di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta untuk menampung pasien covid-19 sudah rampung. Direncanakan Senin (23/3), wisma atlet sudah bisa menampung pasien suspek korona.

Nantinya para pasien ditampung di tower 1, 4, 6, dan 7. “Saya telah mengecek gedung wisma atlet yang kini telah di-upgrade menjadi rumah sakit. Kita katakan RS darurat untuk menampung pasien darurat Covid 19. Ada beberapa gedung yang di-upgrade menjadi tempat perawatan. Di antaranya 4 gedung,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di lokasi, Minggu (22/3).

Hadi menuturkan, tower 6 dan 7 digunakan sebagai rumah sakit untuk menerima pasien yang positif terinfeksi virus korona. Nantinya, pada tower tersebut akan dibangun ruang laboratorium, radiologi, farmasi dan fasilitas kesehatan lainnya untuk menunjang penanganan pasien.

“Apabila pasien sudah masuk, dan setelah dilakukan pemeriksaan maka di tower 6 dan 7 juga disiapkan ruang isolasi. Baik itu ruang isolasi ICU maupun non ICU,” ucap Hadi.

Sementara itu, tower 3 akan disiapkan fasilitas pendukung teknis penanganan pasien terinfeksi korona. Para petugas itu terdiri dari tim medis TNI, Polri, swasta dan relawan.

“Ada juga satu ruangan yang digunakan gugus tugas termasuk di dalamnya adalah TNI, Polri, BNPB, dan kelompok relawan yang ditempatkan di tower tersebut,” ujar Hadi.

Menurut dia, rumah sakit darurat ini bisa menampung sekitar 2.500 pasien. Dia mengklaim, fasilitas kesehatan sudah lengkap dan tinggal dilakukan pemasangan.

“Setelah kita cek semua peralatan lengkap dan sesegera mungkin bisa dioperasikan untuk kepentingan perawatan bagi orang yang terjangkit Covid-19 tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono memastikan, rumah sakit darurat di Gedung Wisma Atlet Kemayoran akan dapat digunakan mulai Senin (23/3) besok.

Menurut dia, persiapan yang dilakukan telah siap 100 persen untuk menampung pasien virus korona. “Modifikasi sedikit di lantai 1, 2, dan 3 di tower 7 ini karena akan dimanfaatkan sebagai RS darurat. Ada laboratorium, ada farmasinya, ada radiologinya, ada ICU, semua sudah siap, sudah 100 persen,” ujar Basuki.

Oleh karena itu, Basuki menyatakan RS Darurat di Gedung Wisma Atlet ini mulai beroperasi pada Senin (23/3) besok. Hal ini sepenuhnya akan diatur oleh Kementerian Kesehatan.

“Ini semua diatur oleh Kemenkes, jadi memang ini bentuk-bentuk sinergi kita. Besok insya Allah kita akan mulai operasinya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pengecekan persiapan RS Darurat di Wisma Atlet Kemayoran diantaranya, Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Manado, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads