alexametrics

Jokowi Lantik 2 Hakim MK dan Dubes untuk Nigeria

22 Maret 2019, 10:45:31 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Aswanto dan Wahiduddin Adams sebagai Hakim Konstitusi periode 2019 hingga 2024. Setelah melakukan sumpah jabatan oleh Pengucapan sumpah Hakim Konstitusi di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (21/3).

Pengangkatan keduanya berdasar Surat Keputusan Presiden Nomor 32/P Tahun 2019, tentang Pengangkatan Hakim Konstitusi yang Diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Baik Aswanto dan Adams telah melalui uji kelayakan dan kepatutan calon hakim MK di DPR. Mereka ditetapkan dalam rapat paripurna tengah masa persidangan IV DPR Tahun 2018-2019, Selasa, 19 Maret 2019.

Pengangkatan ini menjadi periode kedua. Aswanto serta Adams sebelumnya menjabat setelah pertama kali diambil sumpahnya pada 21 Maret 2014 lalu.

“Saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya. Serta memegang teguh UUD tahun 1945 dan menjalankan dengan seluruh-luruhnya menurut UUD kepada nusa dan bangsa,” ucap Aswanto dan Wahiduddin Adams secara bersamaan.

Setelah menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Hakim Konstitusi, Presiden Joko Widodo melantik calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Federal Nigeria, Usra Hendra Harahap.

Pengangkatan Usra tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Selepas prosesi, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan ucapan selamat kepada kedua hakim MK dan Duta Besar yang baru saja dilantik untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : Uji Sukma Medianti

Copy Editor :

Jokowi Lantik 2 Hakim MK dan Dubes untuk Nigeria