alexametrics

Kapasitas Tempat Tidur RS di Jawa Nyaris Penuh

Pemerintah Perpanjang PPKM Dua Pekan
22 Januari 2021, 10:02:52 WIB

JawaPos.com – Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari. Pertimbangannya, angka penularan Covid-19 masih tinggi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengungkapkan, dari hasil monitoring, 29 di antara 73 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM masih berisiko tinggi. Lalu, 41 kabupaten/kota berisiko sedang dan 3 berisiko rendah.

’’Tujuh provinsi yang sudah melakukan PPKM adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, Jawa Timur, dan Bali,’’ ujar Airlangga kemarin (21/1).

Kasus mingguan Covid-19 di 52 kabupaten/kota, kata dia, masih mengalami kenaikan. Penurunan terjadi di 21 kabupaten/kota lainnya. ’’Sementara tingkat kesembuhan 81,1 persen; tingkat kematian 2,9 persen; dan positivity rate 16,6 persen,’’ ucapnya.

Secara terpisah, Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah menyatakan, saat ini sudah 9 di antara 34 provinsi di Indonesia dengan tingkat hunian rumah sakit (BOR) di atas 70 persen. Yaitu, seluruh provinsi di Jawa (Banten, Jakarta, Jogjakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah) serta Kalimantan Timur, Lampung, dan Sulawesi Tengah.

Banten mencatat BOR paling kritis dengan angka 87,42 persen. Disusul Jakarta 86,70 persen dan Jogjakarta 83,07 persen. ’’Yang kita inginkan sesuai standar WHO, yakni di bawah 70 persen. Karena kenaikan (BOR, Red) signifikan bisa berimbas pada banyak hal,’’ jelas Dewi.

Baca juga: Dalam Sehari Jakarta Sumbang 3.536 Orang Positif Covid-19

Sementara itu, daerah dengan BOR di atas 50 persen, tapi masih di bawah 70 persen, berada di delapan provinsi. Yakni, Bali, Sulsel, Sulbar, Sulteng, Kalsel, Sulut, NTT, serta Kalteng. ’’Daerah-daerah ini berwarna kuning. Angka keterpakaian di atas 50 persen, tapi di bawah 70 persen. Tetap harus hati-hati karena tiba-tiba bisa naik,’’ ujar Dewi.

Respons Daerah

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyatakan, sesuai dengan arahan gubernur, pemerintah provinsi akan melaksanakan kebijakan perpanjangan PPKM tersebut. ’’Kami menghormati keputusan itu,’’ ujarnya.

Saat ini 11 daerah di Jawa Timur ditetapkan sebagai area pelaksanaan PPKM. Jumlah tersebut bisa berubah. Sebab, ada satu daerah yang kini berstatus zona kuning, yakni Kota Batu. Lalu, ada daerah yang menjadi zona merah seperti Ponorogo, Magetan, dan Trenggalek. Satgas Covid-19 Jawa Timur sedang membahas perihal perluasan area sesuai dengan status terbaru zona daerah.

Baca juga: Pemerintah Perpanjang PPKM sampai 8 Februari

Dari Semarang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sepakat dengan perpanjangan masa PPKM sesuai keputusan pusat. Artinya, PPKM yang saat ini dilakukan di 35 kabupaten/kota se-Jateng akan diperpanjang. Pihaknya kini menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. ’’PPKM tentu untuk menekan angka persebaran Covid-19,’’ kata Ganjar seperti dilansir Radar Semarang.

Kondisi serupa terjadi di Jogjakarta. Radar Jogja melaporkan, Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X) kemarin menyatakan bahwa tidak ada pilihan selain mengikuti perpanjangan PPKM. Sebab, kasus harian sangat mengkhawatirkan. Setiap hari angka positif Covid-19 di Jogja hampir selalu menyentuh angka 300 kasus. Bahkan sejak diterapkannya PPKM.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan, PPKM pasti akan berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Bali.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : agf/deb/tau/dee/lyn/riq/ewb/kur/feb/c19/fal




Close Ads