alexametrics

Tangkal Radikalisasi, Kemenang Turunkan 260 Ribu Penceramah

21 November 2019, 13:55:57 WIB

JawaPos.com – Menteri Agama Fachrul Razi akan mengeluarkan ratusan penceramah yang akan berdakwah di sejumlah titik. Ini dilakukan untuk mencegah tersebarnya paham-paham rad‎ikal.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius dalam rapat kerja Komisi III DPR bersama BNPT. “Pak Fachrul Razi mengatakan kita punya 260 ribu penceramah dan akan diaktifkan,” ujar Suhardi, Kamis (21/11).

Suhardi menambahkan, 260 ribu penceramah itu akan ditempatkan di titik rawan penyebaran paham radikal. Diharapkan, para penceramah ini nantinya bisa memperkecil ruang gerak penyebar paham radikal di Indonesia.

“Nanti akan ‎di tentukan di mana saja titik-titik prioritas, mudah-mudahan ini adalah hal yang sangat baik,” katanya.

Sementara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga sudah punya mekanisme dengan menyebarkan pendidikan di sekolah-sekolah tentang bahaya radikalisme.

Kementerian Dalam Negeri Tito Karnavian juga tak mau ketinggalan. Ia sudah memerintahkan para kepala desa serta RT dan RW untuk melaporkan apabila ada warga yang mencurigakan.

“Itu bagian imunitas yang kita miliki dengan mengaktifkan lagi agar program BNPT sampai ke semua,” imbuhnya.

Untuk diketahui, negara saat ini sedang memusatkan perhatian untuk memerangi radikalisme dan terorisme. Hal ini dipicu dua kejadian, yakni penusukan terhadap mantan Menteri Koordinator Po‎litik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto di Banten beberapa waktu lalu, dan bom bunuh diri di Polrestabes Medan bulan ini.

Polisi sendiri sudah menangkap total 74 terduga teroris yang ada di 10 provinsi. Kebanyakan dari mereka terpapar oleh ideologi terorisme yang ada di media sosial.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads