JawaPos Radar | Iklan Jitu

Mau Jewer Haedar Nasir, Anwar Abbas Malah Bela Amien Rais

21 November 2018, 13:47:59 WIB | Editor: Estu Suryowati
Mau Jewer Haedar Nasir, Anwar Abbas Malah Bela Amien Rais
Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas justru memberikan pembelaan bagi Amien. Menurutnya pernyataan Amien Rais tidaklah salah. (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais tengah menjadi sasaran kritik. Hal itu buntut dari pernyataannya yang akan menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir, jika organisasi keagamaan tersebut tidak mengambil sikap di Pilpres 2019.

Terkait itu, Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas justru memberikan pembelaan bagi Amien. Menurutnya pernyataan Amien Rais tidaklah salah.

Anwar menganggap itu nasihat dari sesepuh Muhammadiyah. Selain itu, Anwar mengklaim warga Muhammadiyah dari mulai ketua umum hingga anggota tidak ada yang tersinggung dengan pernyataan Amien Rais.

"Tidak ada yang salah dalam ucapan Pak Amien Rais tersebut karena memang beliau adalah sesepuh kami. Jadi kalau beliau berkata demikian maka umumnya warga Muhammadiyah tidak akan ada yang merasa tersinggung," ujar Anwar kepada wartawan, Rabu (21/11).

Namun demikian, Anwar menjelaskan bahwa setiap warga Muhammadiyah memiliki pilihan politiknya masing-masing. Sehingga, tidak ada pihak yang bisa mengintervensi hal tersebut.

"Mengenai masalah ketegasan bersikap dalam pilpres saya rasa setiap pribadi orang dan warga Muhammadiyah itu sudah punya sikap. Dan untuk memengaruhi sikapnya saya rasa tidak mudah karena umumnya warga Muhammadiyah itu adalah orang-orang yang terdidik," tegasnya.

Meski begitu, Anwar memastikan bahwa dalam aspek organisasi, PP Muhammadiyah tidak terlibat politik praktis. Akan tetapi, mendukung salah satu pasangan capres-cawapres adalah hak individu sebagai warga negara.

"Jadi, yang netral itu adalah organisasinya. Kalau anggotanya tidak boleh tidak bersikap. Jadi, Pak Haedar bicara dalam ranah organisasi, sementara Pak Amien bicara dalam ranah pribadi dari anggota Muhammadiyah," pungkasnya.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up