JawaPos Radar | Iklan Jitu

Bakal Jewer Haedar, Kubu Jokowi Pertanyakan Kenegarawanan Amien Rais

21 November 2018, 12:22:55 WIB | Editor: Estu Suryowati
Bakal Jewer Haedar, Kubu Jokowi Pertanyakan Kenegarawanan Amien Rais
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais meminta PP Muhammadiyah untuk menentukan sikap politik di Pilpres 2019. (Hendra Eka/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pernyataan Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais tengah menjadi polemik. Pernyataan Amien Rais yang meminta PP Muhammadiyah untuk menentukan sikap di Pilpres 2019, dianggap tidak relevan.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding mengatakan, Amien tak menunjukkan sikap kenegarawanannya. Seharusnya keputusan yang dibuat oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir, dapat dihargai oleh semua pihak.

"Apa yang dilakukan oleh Pak Amien Rais dengan menyatakan akan menjewer Pak Haedar Nasir itu sesuatu yang menganggap bahwa Pak Haedar itu seperti anak buahnya, seperti anak kecil. Padahal beliau adalah tokoh," ujar Karding kepada wartawan, Rabu (21/11).

Karding menuturkan, PP Muhammadiyah merupakan organisasi keagamaan yang independen. Sehingga tidak bisa diintervensi oleh siapa pun dalam pengambilan keputusan, termasuk soal arah dukungan Pilpres 2019.

"Muhammadiyah sebagai satu lembaga itu tentu segala sikap politiknya sudah dibicarakan secara kolektif dan mereka punya mekanisme sendiri," jelas Karding.

"Bahwa keputusannya (PP Muhammadiyah, Red) kemudian mendukung, netral, atau tidak mendukung (paslon tertentu), itu adalah hak organisasi. Jadi, saya melihat bahwa kenegarawanan Pak Amien mulai dipertanyakan," lanjutnya.

Lebih lanjut, mantan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai bahwa sikap yang dipertontonkan oleh Amien menunjukkan keangkuhan. Tidak seperti negarawan pada umumnya.

"Langkah yang dilakukan Pak Amien saya kira merugikan Pak Amien sebagai tokoh, seakan-seakan memaksakan kehendak, memiliki sikap yang otoriter," pungkas Karding.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up