alexametrics

RSCM: Tak Ada Lonjakan Pasien Covid-19, Cenderung Landai

21 Oktober 2021, 17:33:37 WIB

JawaPos.com – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo membantah adanya lonjakan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut. Sampai saat ini, pasien yang masuk cenderung landai jumlahnya.

Direktur Utara RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Lies Dina Liastuti mengakui memang sejauh ini kasus Covid-19 masih ada yang dirawat di sana. Dan terbukti masih ada pasien yang datang untuk memeriksakan diri di RSCM. Sehingga di area RSCM juga masih memberlakukan protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan.

“Namun data RSCM menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan jumlah pasien Covid-19 secara bermakna sejak bulan September 2021 dan tetap landai rendah pada bulan Oktober 2021,” tegasnya secara daring, Kamis (21/10).

Jumlah pasien masuk IGD terkonfirmasi Covid berkisar 0-4 pasien per-hari. Perawatan yang masih dilakukan di Kiara Ultimate (zona covid) juga berkisar 2-10 pasien dan sebagian besar adalah kasus ringan namun dengan komorbid yang perlu diatasi.

“Maka DKI Jakarta tetap sesuai arahan pemerintah pusat masih zona hijau,” jelasnya.

Ia juga menegaskan tidak ada tenaga kesehatan RSCM yang terpapar Covid-19 selama September dan Oktober 2021. Terkait antisipasi bilamana terdapat kenaikan atau lonjakan kasus, sarana prasarana serta nakes RSCM telah disiapkan. Para nakes yang sebelumnya merupakan nakes di area Covid-19 dan sekarang sudah kembali memperkuat layanan non Covid-19.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads