alexametrics

Jelang Libur Panjang, Masyarakat Diimbau Tetap Disiplin 3M

21 Oktober 2020, 06:05:03 WIB

JawaPos.com – Pemerintah menetapkan cuti bersama pada 28-30 Oktober 2020. Momentum tersebut perlu diwaspadai agar tidak terjadi lonjakan wabah virus korona atau Covid-19.

Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan jika harus terpaksa keluar rumah. Disiplin protokol kesehatan itu dengan cara menerapkan 3M yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan menjaga jarak.

“Kami ingatkan patuhi protokol kesehatan 3M, serta hindari kerumunan,” kata Wiku dalam pemaparannya, Selasa (20/10).

Keputusan untuk keluar rumah, sambung Wiku, harus dipikirkan secara matang dan pertimbangkan semua risiko yang ada. Wiku pun mengimbau, masyarakat yang menerima kunjungan dari kelurga serta sanak saudara saat liburan untuk jalankan protokol kesehatan 3M selama di rumah.

“Meskipun tamu merupakan bagian kelaurga, tetap gunakan masker cuci tangan dan jaga jarak. Karena tak tahu dengan siapa sebelumnya keluarga kita berinteraksi,” imbau Wiku.

Selain itu, Wiku pun meminta perkantoran untul melakukan langkah antsipatif bagi karyawannya yang keluar kota pada masa libur panjang ini. Dia mengimbau, tiap perusahaan bisa mendata karyawannya yang pergi berlibur keluar kota.

“Terutama yang bepergian ke wilayah zona oranye maupun zona merah. Selain itu, perusahaan dan kantor didorong wajibkan pegawai isolasi mandiri jika alami gejala Covid setelah libur panjang,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads