JawaPos Radar

Penuhi Passing Grade SKD, Peserta CPNS Belum Tentu Lulus

21/09/2017, 07:03 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Penuhi Passing Grade SKD, Peserta CPNS Belum Tentu Lulus
Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hasil Seleksi Kompetensi Dasar Computer Assissted Test (SKD-CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil 2017 pada Kementerian Hukum dan HAM, resmi dimumumkan Rabu (20/9). Meski demikian, peserta yang telah memenuhi nilai ambang batas (passing grade) dalam SKD-CAT, tidak otomatis lulus untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan.

"Kepada peserta yang telah memenuhi passing grade pada SKD dengan CAT BKN untuk formasi S1 Kemenkumham pada masing-masing kategori (tes intelegensia umum, tes wawasan kebangsaan, dan tes karakteristik pribadi) tidak secara langsung lulus untuk melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang," kata Ridwan dalam keterangan tertulis yang dikutip JawaPos.com.

Menurut Ridwan, hal itu sesuai Peraturan Menteri Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2017. Permenpan-RB itu menyatakan, jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan pada masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD.

"Sehingga meskipun peserta SKD CAT telah lolos passing grade tetapi berada di luar urutan tiga kali formasi, maka yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tahap selanjutnya," ujar Ridwan.

Ridwan menjabarkan bahwa pengumuman resmi itu sudah dapat diakses di website cpns.kemenkumham.go.id.

Pemerintah menetapkan nilai ambang batas (passing grade) seleksi kompetisi dasar (SKD) CPNS Tahun 2017. Penetapan dilakukan melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 22 Tahun 2017.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan, passing grade tahun ini 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Intelegensia Umum (TIU), dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

(put/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up