alexametrics

Menkes Pastikan Pelayanan Kesehatan di Papua Tetap Berjalan

21 Agustus 2019, 16:55:17 WIB

JawaPos.com – Pelayanan kesehatan di rumah sakit yang berada di Papua dan Papua Barat tetap berjalan seperti biasa. Kepastian itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek.

Nila juga meminta Tentara Nasional Indonesa (TNI) dan Polri untuk mengamankan rumah sakit yang terdampak kerusuhan di wilayah Papua beberapa hari lalu.

“Saya kira kalau untuk pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit kita harus tetap melakukan pelayanan,” kata Nila usai bertemu Pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/8).

Lebih lanjut, Nila juga mengaku belum mendapat informasi adanya rumah sakit di Sorong, Papua Barat yang berhenti beroperasi lantaran situasi keamanan yang tidak kondusif. Jika informasi itu benar adanya, ia memastikan akan berkoordinasi dan meminta TNI untuk melindungi fasilitas kesehatan agar pelayanan kepada masyarakat dapat terus berjalan.

“Kita akan cek, tapi kami akan minta kalau misalnya mereka takut dengan keamanan kami minta untuk diawasi atau dibantu oleh TNI untuk keamanan,” ucap Nila.

Menurut Nila, pelayanan publik khususnya pelayanan kesehatan, harus terus berjalan dalam kondisi apapun. Sejauh ini, ia memastikan petugas kesehatan di Papua dan Papua Barat, termasuk yang diterjunkan di pelosok dalam kondisi aman.

“Tim kesehatan kita harus tetap bekerja. Nanti saya akan cek kalo RS Sorong tadi. Kita tetap harus bekerja, kita harus melayani,” tegasnya.

Sebelumnya, selama dua hari situasi di Sorong mencekam, diduga itu karena imbas dari aksi massa yang memprotes insiden yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Adanya insiden tersebut, Gubernur Jatim, Wali Kota Surabaya, dan Wali Kota Malang telah menyampaikan permintaan maaf.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mencoba menenangkan agar kerusuhan di Papua tak melebar. Ia menyatakan pemerintah akan berusaha menjaga harkat markat anak bangsa, termasuk di Papua.

“Yakinlah pemerintah menjaga kehormatan dan kesejahteraan Pakce Mace, mama-mama yang ada di Papua dan Papua Barat,” ujar Jokowi, Senin (19/8).

Namun, aksi protes berujung kerusuhan di Papua dan Papua Barat masih terus terjadi di Jayapura, Sorong, Manokwari, hingga Fakfak.

 

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads