JawaPos Radar

Atasi Karhutla di Kalbar

BNPB Kerahkan Helikopter Water Bombing dan Hujan Buatan

21/08/2018, 14:56 WIB | Editor: Kuswandi
Karhutla
Kebakaran terjadi di kawasan hutan Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Senin (16/7). (Yudi Handoyo/Jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Daerah Kalimantan Barat menyiapkan helikopter water bombing untuk berpatroli dan memadamkan api di area kebakaran hutan dan lahan.

"Selain mengerahkan empat helikopter water bombing, kami dan BPPT juga membuat hujan buatan dalam menanggulangi karhutla di Kalimantan Barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis, Selasa (21/8).

Sejak sepekan terakhir, titik api yang tersebar di Kalimantan Barat hingga, Senin, (20/8) pada pukul 17.00 WIB berjumlah 357 titik api.

Sebaran tersebut ada di kabupaten dan kota yang meliputi Kabupaten Sambas 37 titik, Mempawah 22 titik, Sanggau 50 titik, Ketapang 60 titik, Sintang 17 titik, Kapuas Hulu 4 titik, Bengkayang 18 titik, Landak 28 titik, Sekadau 11 titik, Kayong Utara 12 titik Melawi 16 titik, Kubu Raya 79 titik, Kota Pontianak 1 titik dan Kota Singkawang 2 titik.

Banyaknya sebaran titik api, Walikota Pontianak, Sutarmidji juga sudah mengumumkan libur bagi anak sekolah. Sebab jarak penglihatan pun terganggu.

"Asalamualaikum wr.wb, sehubungan dengan kondisi udara di Kota Pontianak sangat buruk maka saya instruksikan untuk meliburkan anak sekolah PAUD,TK,SD libur hingga tanggal 26, masuk 27 Agustus dan untuk SMP masuk tanggal 24 Agustus. Demikian untuk dimaklumi," tulis Sutarmidji melalui akun media sosial pribadinya, Minggu (19/8).

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up