alexametrics

Tambah 502 Kasus, Jawa Timur Sumbang Kasus Tertinggi dalam Sehari

21 Mei 2020, 16:21:56 WIB

JawaPos.com – Masyarakat diminta untuk tidak cuek dan abai pada protokol kesehatan. Sebab dalam sehari pada Kamis (21/5) secara nasional ada pertambahan 973 kasus baru dalam sehari. Penambahan kasus paling banyak ternyata terjadi di Jawa Timur.

Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menunjukkan jumlah kasus di Jawa Timur bertambah 502 kasus sehari. Sehingga totalnya kini di Jawa Timur ada 2.998 kasus positif di Jawa Timur.

“Peningkatan ini luar biasa dan ini peningkatan yang tertinggi. Terjadi paling tinggi di Jawa Timur sesungguhnya,” kata Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers, Kamis (21/5).

Yurianto menambahkan, saat ini tidak mungkin seseorang bisa kebal dari Covid-19 jika vaksinnya belum ditemukan. Maka, masyarakat harus mengubah kebiasaan hidup yang baru agar tak terinfeksi.

“Secara perlahan, memikirkan kembali untuk tetap produktif. Ini harus jadi kebiasaan baru dan butuh waktu. Masyarakat biasakan diri gunakan masker saat keluar rumah. Hindari kerumunan,” ujarnya.

Yurianto mengingatkan setiap kembali dari luar rumah, ke toko, atau ke pasar, harus mencuci tangan segera selama 20 detik. Sebab Orang Tanpa Gejala (OTG) tak bisa diketahui kasat mata.

“Dalam situasi sekarang maka hati-hati. Kita bisa atur giliran bergantian saat hendak ke toko dan ke warung dengan jarak lebih dari 1 meter. Bepergian bukan sebuah pilihan,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads