alexametrics

Sukseskan Proyek IKN, KADIN Janji Bawa Investor untuk Berinvestasi

21 April 2022, 02:32:44 WIB

JawaPos.com – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah menjadi agenda penting Pemerintah, setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN). Hal ini menandakan Ibu Kota Negara akan pindah secara resmi ke wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bergerak cepat dengan menunjuk Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN. Hal ini pun tak terlepaskan dari unsur swasta, khususnya dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Kadin Indonesia dibawah kepemimpinan Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid telah membentuk Kelompok Kerja (POKJA) Dukungan Persiapan, Pembangunan, Pengembangan dan Pemindahan Ibu Kota Negara melalui surat Keputusan Dewan Pengurus KADIN Indonesia Nomor : Skep /32/DP/III/2022, tertanggal 30 Maret 2022.

“Hari ini Kami baru saja menerima SK Pokja KADIN Indonesia, sesuai SK telah ditunjuk Ketua Pokja KADIN Indonesia Budiarsa Sastrawinata. Pokja KADIN Indonesia termasuk Ketua Umum sebagai penanggungjawab sebanyak 41 orang dengan latarbelakang yang berbeda-beda,” kata Finsensius Mendrofa, salah satu tim Pokja Kadin Indonesia, Rabu (20/4).

Finsensius mengungkapkan, dalam pembangunan IKN tidak mungkin secara keseluruhan menggunakan dana dari APBN. Dia berujar, banyak alternatif lain salah satunya melibatkan swasta dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Menurutnya, peran swasta sangat penting dalam pembangunan IKN. Karena itu, pihaknya membentuk Pokja untuk mendukung program pemerintah dalam mensukseskan pembangunan ibu kota baru.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: