alexametrics

Solo Catat Pertumbuhan Ekonomi 4,01 Persen Selama 2021

21 April 2022, 12:10:47 WIB

JawaPos.com–Kota Solo mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 4,01 persen selama 2021. Itu seiring dengan meningkatnya capaian vaksinasi dan sebagian masyarakat yang mulai menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru.

Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Surakarta Nugroho Joko Prastowo mengatakan, dengan pertumbuhan ekonomi tersebut artinya kondisi perekonomian di Solo hampir normal seperti sebelum terjadi pandemi Covid-19.

”Di Jawa Tengah hanya ada enam daerah yang ekonominya bisa tumbuh, salah satunya Solo,” kata Nugroho Joko Prastowo seperti dilansir dari Antara di Surakarta, Kamis (21/4).

Sebelum terjadi pertumbuhan yang positif tersebut, pihaknya mencatat pertumbuhan ekonomi di Kota Solo -1,74 persen. Sedangkan Jawa Tengah juga tumbuh negatif -2,05 persen dan nasional -2,07 persen.

Menghadapi kondisi tersebut, menurut dia, Pemkot Surakarta terus aktif menyelenggarakan sejumlah agenda yang berdampak pada pemulihan ekonomi. ”Pemerintah juga melibatkan pihak swasta, seperti menggelar kegiatan Solo Great Sale bersama Kadin,” ujar Nugroho Joko Prastowo.

Bahkan, menurut dia, dari gelaran tersebut capaian transaksi bisa melebihi target. Yakni, dari target Rp 800 miliar tercapai transaksi sebesar Rp 1,1 triliun.

Sementara itu, untuk terus menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berencana menyelenggarakan sejumlah ajang besar pada tahun ini. Di antaranya ASEAN Para Games 2022 dan acara hiburan, salah satunya konser band asal Amerika Serikat Dream Theater.

”Ini bagus sekali untuk pemulihan ekonomi, ini sangat bagus di mata internasional. Kami menghabiskan anggaran yang sangat besar untuk pemulihan ekonomi,” kata dia.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads