alexametrics

Bukan Lagi Kaum Nomor Dua, Perempuan Kini Bisa Sejajar dengan Pria

21 April 2021, 09:52:11 WIB

JawaPos.com – Perempuan masa kini semakin berdaya dan menunjukkan kemampuannya untuk bisa sejajar dengan pria. Perempuan bukan lagi kelompok nomor dua setelah pria yang hanya berada di dapur untuk sekadar memasak atau melayani rumah tangga.

Hal itu diungkap oleh Pegiat Perempuan Anindia Restuviani dari Jakarta Feminist dan Duta Besar Canada Mission Ambassador Diedrah Kelly baru-baru ini saat berbincang dengan JawaPos.com. Hal itu terbukti dari posisi perempuan yang sudah memegang peranan strategis di berbagai aspek kehidupan.

Jaringan Aksi Feminis Asia Tenggara (SEAFAM) dimulai pada Agustus 2020 untuk membangun dan memperkuat gerakan feminis di Asia Tenggara, dengan fokus awal di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Ketiga negara tersebut saat ini menghadapi tantangan signifikan dalam hal demokrasi dan hak asasi manusia.

Masalah-masalah tersebut ditandai dengan rezim pemerintahan yang semakin menindas, meningkatnya pembatasan kebebasan berbicara dan berserikat, munculnya kelompok-kelompok intoleran dan ultra-konservatif, penganiayaan terhadap para pembela hak asasi manusia, serta tingginya diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan dan kelompok terpinggirkan lainnya. Menghadapi situasi ini, mereka membangun gerakan solidaritas untuk mendukung dan memperkuat kerja feminis di seluruh Asia Tenggara.

Duta Besar Canada Mission Ambassador Diedrah Kelly mengatakan isu kesetaraan gender di Asean dan Asia Tenggara, ada banyak tantangan mendasar bagi perempuan untuk bisa setara. Pertama soal partisipasi keterlibatan perempuan di pemerintahan dan politik.

“Saya tak mau membandingkan isu kesetaraan gender antara satu negara dengan negara lainnya. Namun kini semakin banyak perempuan di Asia Tenggara terlibat dalam level politik atau pemerintahan. Lalu juga ada beberapa perempuan duduk di jabatan strategis dalam pemerintahan termasuk di Indonesia,” jelas Duta Besar Kelly.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: