alexametrics
Hari Kartini

Menteri Siti Nurbaya: Dobrak Sumbatan yang Menghambat Kehidupan

21 April 2018, 14:10:17 WIB

JawaPos.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar merupakan satu dari delapan menteri perempuan di era pemerintahan Joko Widodo. Gayanya yang tak maskulin membuat dirinya nampak berbeda dibanding menteri lain.

Dalam hari Kartini, Siti pun menyisipkan pesan untuk setiap perempuan hebat di Indonesia. Dirinya melihat perempuan sudah seharusnya memiliki pembaharuan semangat demi majunya negeri.

“Kaum perempuan harus ada semangat pembaruan, dobrak sumbatan yang menghambat kehidupan,” ujar Siti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/4).

Lebih dalam lagi, Siti mengajak kaum perempuan untuk bisa mendobrak kemiskinan, modernisasi dalam kerangka aturan. Sebab, perempuan sudah seharusnya mengembangkan dirinya.

Melalui program Nawacita, lanjut Siti, Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla mengedepankan bahwa kaum perempuan harus mengembangkan diri di tengah perkembangan negara.

Menurutnya, Nawacita telah memberikan ruang untuk terlibatnya perempuan dalam pembangunan negara. Seperti meningkatkan peranan dan keterwakilan perempuan dalam politik dan pembangunan. Serta, adanya upaya melindungi anak, perempuan, dan kelompok masyarakat marjinal.

“Perempuan Indonesia harus bisa mengaktualisasikan diri untuk kemajuan bangsa dan menjadi bagian dari yang membangun bangsa,” tegas Siti.

Siti berharap perempuan-perempuan penerus semangat Kartini dapat berkecimpung dalam bidang lingkungan hidup. Juga, semangat juang perempuan di bidang lingkungan tidak luntur meski banyak tantangan yang dihadapi.

“Pejuang perempuan bidang lingkungan se-Indonesia sudah banyak dan saya tahu persis kerjanya yang luar biasa. Maju terus, konsisten kita majukan lingkungan hidup, pelihara bumi dengan semangat pembaruan, sistimatis dan modern,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (rgm/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Menteri Siti Nurbaya: Dobrak Sumbatan yang Menghambat Kehidupan