JawaPos Radar

Kang Emil Gagas Bangun Apartemen Buruh di Kawasan Industri

21/04/2018, 01:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kang Emil Gagas Bangun Apartemen Buruh di Kawasan Industri
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan gagasannya terkait pembangunan apartemen untuk buruh di sekitar kawasan industri. Ide itu datang untuk memudahkan para pekerja (buruh) sehingga bisa lebih produktif.

Wali Kota Bandung nonaktif ini berusaha akan memperbaiki terlebih dahulu infrastruktur jalan rusak di kawasan industri seperti M2100 Cibitung, Kabupaten Bekasi dan lainnya. Maka dalam kampanyenya berkomitmen untuk membenahinya.

"Akses jalan adalah infrastruktur penting untuk memperlancar arus barang dan orang," kata Kang Emil sapaan Ridwan Kamil di Bekasi, Jumat (20/4).

Terkait masalah pekerja dalam hal ini buruh, pihaknya akan membuat apartemen di sekitar kawasan industrinya, seperti di Tiongkok. "Itu akan kami lakukan inovasinya di kepemimpinan baru, sehingga buruh bisa menghemat ongkos, tempat kerja juga dekat, agar buruh bisa lebih produktif dan sejahtera," ungkapnya.

Hal lainnya yang akan terwujud jika pasangan nomor urut 1 bersama wakilnya Uu Ruzhanul Ulum akan memperbaiki dan menata kota sekitar kawasan industri. Dari mulai infrstruktur seperti jalan hingga sekolah.

Kabarnya, Rindu sebutan psangan nomor urut 1 juga akan melakukan rekurikulum SMK - SMK supaya berorientasi pada ekonomi baru. Sekolah-sekolah politeknik atau factory school dibangun di kawasan pabrik yang kurikulumnya menyesuaikan dengan perkembangan mesin-mesin pabrik.

"Sekolah ini untuk menciptakan sumber daya manusia yang tinggal di lingkungan pabrik agar mampu berkompetesi dengan para pendatang," ucapnya.

Selain itu, upaya mengundang dan mendatangkan investasi, untuk pelaku UMKM, izinnya pun dihapus. "Perusahaan besar, izinnya akan dipermudah menggunakan sistem digital," pungkasnya.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up