alexametrics

Faktor Cuaca, TNI Belum Bisa Evakuasi 5 Guru yang Disandera di Mimika

21 April 2018, 08:00:03 WIB

JawaPos.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus berupaya untuk mengeluarkan sejumlah guru yang telah disandera Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Aroanop, pedalaman Kabupaten Mimika, Papua. Sejauh ini, baru 13 guru yang berhasil diangkut dari daerah itu, masih ada 5 lagi yang belum dievakuasi.

“Sisanya akan kita evakuasi namun cuacanya masih berkabut, sehingga pesawat helikopter belum bisa masuk. Apabila cuaca membaik akan segera kita evakuasi semuanya,” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di halaman Kantor Gubernur, Pekanbaru, Riau, Jumat (20/4).

Sementara itu, polisi kesulitan untuk mengusut pemerkosaan yang dialami salah seorang guru tersebut saat disandera KKSB. Terlebih, akses menuju pedalaman Mimika itu sulit dijangkau.

“Ke sananya saja susah. Ke sananya kan pakai helikopter. Mau nyari tersangkanya siapa? Kita ya masuk logika saja,” sebut Setyo.

Diketahui, KKSB yang beraksi di Aroanop merupakan bagian dari kelompok yang dipimpin Jhoni Botak dan Nawaker. Kelompok tersebut merupakan gabungan separatis Papua yang biasa bergerak dari Ilaga di Kabupaten Puncak. Selain itu, mereka biasa bekerja sama dengan kelompok lain dari Kabupaten Puncak Jaya.

Komandan Satuan Tugas Terpadu Penanggulangan KKSB Kolonel Infanteri Frits W.R Pelamonia mengungkapkan, 13 guru yang dievakuasi terdiri atas 7 perempuan dan 6 pria. Lalu, ada 5 guru pria lainnya yang masih menunggu dievakuasi.

Evakuasi untuk lima guru tersisa masih menunggu kepastian dari Kodam XVII/Cenderawasih. Itu terkait dengan cuaca dan kesiapan helikopter.

Sebelumya, para guru pria dan perempuan disekap di tempat terpisah. Saat itulah, guru perempuan mengalami penganiayaan dan pelecehan seksual.

Selain itu, separatis merampas 4 laptop dan 10 telepon genggam. Pakaian dan sejumlah persediaan bahan makanan tidak lepas dari rampasan.

Editor : Kuswandi

Reporter : (dna/JPC)



Close Ads
Faktor Cuaca, TNI Belum Bisa Evakuasi 5 Guru yang Disandera di Mimika