alexametrics

Dituntut 5 Tahun, Idrus: Padahal Uang Saya Dipinjam Eni

21 Maret 2019, 15:14:27 WIB

JawaPos.com – Mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham baru saja dituntut oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan hukuman lima tahun penjara. Tuntutan itu dianggap Idrus melenceng dari fakta persidangan.

“Sangat jauh (dari fakta persidangan). Contohnya saya disebut bersama-sama menerima. Padahal uang saya dipinjam Eni kok,” kata Idrus seusai menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, (21/3).

Mantan menteri sosial (mensos) itu menyebut, sebagai negara hukum, sejatinya setiap penegak hukum di seluruh Indonesia semangatnya harus menciptakan tradisi proses hukum yang berkeadilan. Didasarkan pada fakta hukum dan fakta persidangan.

Dituntut 5 Tahun, Idrus: Padahal Uang Saya Dipinjam Eni
Idrus Marham saat sidang di Pengadilan Tipikor (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

“Dari awal saya sampaikan saya tak mengajukan eksepsi, begitu juga praperadilan. Kenapa? Saya itu meyakini betul bahwa pengadilan ini miliki visi yang sama dengan saya, visinya yaitu bagaimana penegakan hukum untuk sebuah keadilan yang hakiki,” ucap Idrus.

Sebelumnya, Idrus Marham dituntut 5 tahun penjara oleh jaksa pada KPK. Dia juga dituntut membayar denda Rp 300 juta subsider empat bulan kurungan.

“Menyatakan terdakwa Idrus Marham terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan pertama,” kata jaksa Lie Putra Setiawan membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (21/3).

Jaksa menilai Idrus terbukti menerima suap Rp 2,250 miliar dari pemegang saham Blackgold Natural Resources, Johannes Budisutrisno Kotjo. Idrus dianggap terbukti melakukan aksinya bersama-sama dengan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih. Uang tersebut digunakan Idrus untuk membiayai musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) Partai Golkar pada Desember 2017.

Atas perbuatannya, Idrus dituntut melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Muhammad Ridwan

Copy Editor :

Dituntut 5 Tahun, Idrus: Padahal Uang Saya Dipinjam Eni