alexametrics

Transmisi Lokal Dominasi Penularan Covid-19

Fasilitas Isolasi Terpusat di Jakarta Terisi
21 Januari 2022, 17:53:38 WIB

Fasilitas Isolasi Terpusat di Jakarta Terisi Separo

JawaPos.com – Dalam tiga pekan terakhir, kasus positif Covid-19 nasional meningkat lima kali lipat. Satgas penanganan Covid-19 mencatat, sumber penularan kini didominasi transmisi lokal daripada bawaan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, kasus meningkat dari 1.123 menjadi 5.454 kasus. Kendati demikian, Wiku menyampaikan bahwa pertambahan kasus positif tersebut belum diikuti dengan peningkatan angka kematian. ”Tapi, tetap saja pola kasus positif yang bertambah setiap hari akan menjadikan kasus aktif juga meningkat,” jelas Wiku kemarin (20/1).

Pada minggu ini, kata Wiku, kasus aktif berjumlah 8.605 kasus. Naik lebih dari 3.000 kasus jika dibandingkan dengan minggu lalu yang menjadi titik terendah kasus aktif di Indonesia sejak gempuran varian Delta pada pertengahan 2021. Yakni, tercatat 5.494 kasus.

Sejauh ini peningkatan kasus positif disebabkan dua sumber penularan. Yaitu, PPLN dan transmisi lokal. Namun, kata Wiku, saat ini kasus nasional lebih banyak didapati dari transmisi lokal. ”Bahkan, per 15 Januari 2022, 63 persen kasus positif merupakan transmisi lokal,” ungkapnya.

Peningkatan kasus juga disumbangkan kepulangan rombongan jemaah umrah perdana pada 17 Januari lalu. ”Sebanyak 20 persen kasus positif berhasil terdeteksi dari total jemaah,” ujarnya.

Wiku menyatakan, pada prinsipnya, penularan sekecil apa pun harus dikendalikan agar tidak semakin meluas dan menimbulkan lonjakan kasus. Apalagi, dalam waktu dekat Indonesia memasuki beberapa momen penting seperti Tahun Baru Imlek dan Ramadan. ”Diperlukan pengaturan jemaah umrah di tengah keterbatasan kapasitas karantina dalam menampung keseluruhan PPLN,” tutur Wiku.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/wan/c14/fal

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads