alexametrics

Luhut Sebut Jabodetabek jadi Teater Perang dengan Omicron

21 Januari 2022, 09:38:06 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah terus berupaya mengantisipasi gelombang varian Omicron. Antisipasi dilakukan meskipun hingga saat ini angka kematian kasus varian baru tersebut masih terjaga.

“Hingga saat ini angka kematian masih tetap terjaga meskipun terjadi peningkatan kasus,” kata Luhut dalam keterangannya, Jumat (21/1).

Luhut menjabarkan, belajar dari pengalaman negara lain, kunci untuk menghindari peningkatan perawatan di rumah sakit dan tingkat kematian yang tinggi di tengah merebaknya varian Omicron, penegakan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi di tiap daerah sangat penting dilakukan.

“Upaya flattening the curve atau memperlandai kenaikan kasus positif, harus dilakukan untuk mengurangi beban sistem kesehatan,” tuturnya.

Luhut menyebut, kasus saat ini sebagian besar terjadi di daerah Jabodetabek yang capaian vaksinasi dosis 1 dan 2-nya sudah tinggi. Sehingga vaksinasi booster harus segera dikejar di daerah Jabodetabek.

“Hari ini teater perang sesungguhnya akibat peningkatan kasus terjadi di wilayah Jabodetabek, untuk itu saya minta provinsi DKI, Banten, dan Jawa Barat agar segera mengakselerasi vaksinasi booster,” jelasnya.

Mengingat Jabodetabek adalah pusat mobilitas, kata Luhut, penyebaran kasus ke provinsi lain dapat terjadi dengan lebih cepat. Meski belum terjadi peningkatan signfikan di provinsi lain, provinsi lain juga harus tetap bersiap.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menambahkan, sehubungan dengan kasus terbanyak ada di DKI Jakarta dan berpotensi akan menyebar ke daerah di sekitarnya, maka pemerintah harus kembali meningkatkan testing dan tracing untuk mengetahui penyebaran yang terjadi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads