alexametrics

Jamah Positif Covid-19 Usai Umrah, Sapuhi: Belum Jelas Informasinya

21 Januari 2022, 14:26:15 WIB

JawaPos.com – Kementerian Agama (Kemenag) telah mengonfirmasi adanya kasus Covid-19 pada penyelenggaraan pelaksanaan ibadah umrah. Diketahui bahwa sebanyak 87 orang terindikasi positif Covid-19.

Mengenai hal tersebut, Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Syam Resfiadi, menyampaikan bahwa masih menunggu hasil evaluasi dari kabar tersebut.

“Jadi Covid-19 yang terduga dipaparkan di jamaah umrah, kita masih belum jelas informasinya, hasil penelitian virusnya jenisnya apa, karena sampai saat ini kami selaku jamaahnya masih sedikit tahu tentang hal itu, selama kami di wisma atlet,” tutur dia kepada JawaPos.com, Jumat (21/1).

Apabila adanya paparan dari varian Omicron itu benar, ia meyakini bahwa gejala yang dialami para jamaah tersebut ringan. Berbeda dengan varian Alpha dan Delta.

“Ini hanya gejala batuk, pilek, demam saja, seperti kita perubahan cuaca dari musim panas ke dingin dan sebaliknya, seperti lazimnya ketika kita ke Eropa, ke tempat yang dingin balik ke Indonesia ke wilayah tropis, ada perubahan cuaca, itu ada batuk pilek,” ucapnya.

Ia berharap hasil evaluasi segera dikeluarkan oleh tim Satgas Covid-19 setempat. Dari hasil tersebut, dapat dilakukan evaluasi untuk penyelenggaraan ibadah umrah ke depannya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads