alexametrics

Rumah Dinas Jokowi Tetap di Bayurini, Ma’ruf Menunggu Renovasi

20 Oktober 2019, 12:18:40 WIB

JawaPos.com – Paviliun itu berada di sisi timur Istana Bogor. Tak jauh dari sana sebuah kandang kambing berada.

Pemiliknya? Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sejak 2015 Jokowi dan keluarga memang memilih tinggal di Paviliun Bayurini di kompleks Istana Bogor. Bukan di bangunan utama.

Dan, di paviliun itu pula, untuk lima tahun ke depan, presiden yang hari ini dilantik untuk periode kepemimpinan kedua tersebut kembali bertempat tinggal. ”Ya, tetap di Bogor,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Dalam sejumlah kesempatan, Jokowi menyampaikan, dirinya memilih Istana Bogor sebagai tempat tinggal karena suasananya yang sejuk, asri, dan jauh dari kebisingan. Nyaman untuk ditempati.

Istana Bogor bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor. Menurut Jokowi, kondisi nyaman yang dia rasakan itu sangat mendukung untuk mengambil keputusan-keputusan besar secara lebih jernih ketimbang di Jakarta.

Bagaimana dengan persiapan Ma’ruf Amin, sang pendamping yang hari ini juga dilantik sebagai wakil presiden? Siti Nur Azizah, anak keempat Ma’ruf, menuturkan, hingga Jumat malam (18/10) sang ayah sibuk menerima tamu di kediaman pribadi di kawasan Menteng, Jakarta.

Boyongan ke rumah dinas wakil presiden di Jalan Diponegoro, Jakarta, belum dilaksanakan. ”Kan belum dilantik,” kata Azizah.

Menurut sejumlah informasi, rumah dinas wakil presiden yang lima tahun terakhir dihuni Jusuf Kalla itu akan direnovasi terlebih dahulu. Diperkirakan butuh waktu dua sampai tiga bulan, baru siap ditempati.

Renovasi rumah dinas wakil presiden itu bersifat ringan. Hanya menata perkakas, pengecatan, dan perbaikan kecil lain.

Setelah pelantikan, agenda kerja hari pertama Ma’ruf sebagai wakil presiden ialah berkunjung ke Jepang. Rencananya, Senin besok (21/10), ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu bertolak ke Jepang mewakili Presiden Joko Widodo untuk menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito.

Lebih lanjut, Azizah mengatakan, tidak ada arahan atau wejangan secara khusus kepada pendukung atau simpatisan saat pelantikan hari ini. ”Kami sebagai bagian dari keluarga KMA (Kiai Ma’ruf Amin, Red) berharap proses pelantikan presiden dan wakil presiden dapat berjalan dengan khidmat dan lancar,” katanya.

Siti Ma’rifah, anak pertama Ma’ruf, membenarkan soal renovasi rumah dinas wakil presiden itu. Jadi, dalam waktu dekat sang ayah belum akan tinggal di sana.

Terkait dengan kondisi rumah dinas, dia mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres). Menurut dia, tim dari Setwapres sudah mengatur kondisi rumah dinas yang disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : wan/far/c10/ttg

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads