JawaPos Radar

Jokowi Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh, Ma'ruf Amin: Sangat Pantas

20/10/2018, 20:12 WIB | Editor: Kuswandi
Jokowi
Ilustrasi:Presiden Joko Widodo bersama KH. Maruf Amin (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk dalam 50 tokoh muslim 2019 yang berpengaruh di dunia. Hal itu terangkum dalam situs www.themuslim500.com.

Saat dikonfirmasi, calon wakil presiden nomor urut 02, Ma'ruf Amin menilai memang Presiden Jokowi layak masuk dalam 50 tokoh muslim 2019 yang berpengaruh di dunia.

Pasalnya menurut Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif ini, selama menjadi kepala negara Presiden Jokowi terus memperjuangkan upaya kemerdekaan di Palestina dari jajahan Israel, dan juga konflik lainnya.

"Saya kira pantas sekali. Peran-peran utamanya misalnya memperjuangkan kemerdekaan Palestina, kemudian upaya mendamaikan konflik di Afganistan," ujar Ma'ruf Amin saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/10).

Ma'ruf melanjutkan Presiden Jokowi banyak berperan d‎alam sidang Organisasi Konfrensi Islam (OKI) dalam menciptakan kerukunan sesama umat muslim di dunia.

"Kemudian juga perannya di sidang OKI dan membuat kerukunan di berbagai belahan dunai di antara umat Islam," katanya.

Di Indonesia Presiden Jokowi selalu menyerukan kerukunan antara umat. Sehingga memang pantas Presiden Jokowi masuk dalam 50 tokoh muslim yang berpengaruh.

"Di Indonesia juga sangat kita rasakan (kerukunan antar umat). Saya kira pantas," pungkasnya.

‎Adapun Dari situs www.themuslim500.com, Presiden Jokowi berada di urutan ke 16 dengan di sejajarkan para pemimpin dunia, seperti Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, King Mohammad VI dari Maroko, Habib Umar bin Hafiz dari Yaman dan juga lainnya.

Dalam situs tersebut Presiden Jokowi dinilai sebagai pemimpin populis dan dengan latar belakang keluarga sederhana yang keturunan Jawa.

Selain Presiden Jokowi, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siroj juga masuk dalam 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia.

Ketua PBNU Said Aqil Siroj berada pada peringkat ke-22. Kemudian Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Maulana Al-Habib Muhammad Lutfi bin Ali bin Yahya ada di posisi 41.

Keterangan mengenai Said Aqil yang masuk dalam tokoh muslim berpengaruh menampilkan secara singkat sejumlah perannya dalam kegiatan PBNU, Komnas HAM, pendidikan dan pelayanan sosial.

Selain itu, Habib Luthfi bin Yahya berada pada posisi 41. Dalam keterangannya dia dianggap berpengaruh karena telah mendirikan ribuan sekolah, masjid di Indonesia.‎

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up