alexametrics

Surati Presiden, Gubernur Kalteng Siapkan Rp 20 M Padamkan Karhutla

20 September 2019, 19:35:15 WIB

JawaPos.com – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyurati Presiden Jokowi terkait kondisi kebakarahn hutan lahan (Karhutla) di wilayahnya. Gubernur meminta sejumlah peralatan kepada pemerintah agar bisa membantu pemadaman kebakaran yang semakin tak terkendali.

“(Saya, red) sudah surati Presiden untuk bantuan alat. Berdasarkan hasil konsultasi dengan menteri, dana bagi hasil dapat digunakan untuk membeli peralatan pemadaman yang lebih baik dan bisa digunakan di wilayah yang yang sulit dijangkau,” ucap Gubernur Sugianto Sabran.

Sugianto mengatakan, Pemprov Kalteng menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 miliar pada situasi siaga darurat bencana. Di samping itu, Pemkot Palangka Raya menyaiapkan Rp 2,7 miliar pada saat siaga darurat bencana. Saat ini status telah dinaikkan, maka Pemprov Kalteng siapkan anggaran yang lebih hesar.

“Kemarin waktu siaga darurat bencana kami siapkan anggaran Rp 20 Miliar dan Kota Rp 2,7 M. Dengan status tanggap darurat ini perintah menyiapkan anggaran Rp 30 – 50 miliar,” ujarnya.

Anggaran tersebut digunakan untuk pemadaman dan korban terdmapak asap. Itu seperti pengobatan warga terdampak adap dan penyediaan sarana prasana kesehatan masyarakat terdampak kabut asap.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM



Close Ads