alexametrics

ACT Bagikan Ribuan Masker untuk Warga Riau yang Terdampak Kabut Asap

20 September 2019, 23:45:28 WIB

JawaPos.com – Bencana asap akibat adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mengganggu kehidupan masyarakat. Merujuk pada catatan BNPB, jumlah hutan dan lahan yang terbakar di seluruh Indonesia mencapai 328.722 dengan perkiraan kerugian ekonomi lebih dari Rp 59 triliun.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga kemanusiaan membagikan 2.000 masker untuk warga terdampak kabut asap. Kegiatan bagi-bagi masker salah satunya dilakukan di ruas Jalan Sudirman, Persimpangan Tugu Zapin, Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (20/9).

“Kami sudah membagikan ribuan masker di sejumlah titik terdampak kabut asap di Kota Pekanbaru sejak Senin kemarin. Kabut asap yang menyelimuti kota Pekanbaru serta beberapa wilayah lain semakin pekat,” kata Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Wilayah Riau, Manaha dalam keterangannya, Jumat (20/9).

“Tentunya dengan kondisi kabut asap seperti ini, masyarakat yang memiliki aktivitas lebih banyak di luar ruangan timbul kesadaran untuk menggunakan masker serta peduli terhadap kesehatan,” sambungnya.

Dalam prosesnya, pembagian masker tersebut juga dibantu oleh komunitas Wargi Pasundan Riau. Selaku anggota, Lutfi mengharapkan kegiatan tersebut dapat menggerakkan masyarakat untuk peduli kepada lingkungan dan sesama.

“Kami juga berharap seluruh komunitas, lembaga, instansi serta seluruh lapisan masyarakat turut peduli,” harapnya.

ACT mengajak masyarakat luas ikut andil dalam kampanye #BantuMerekaBernapas. Kampanye ini menjadi bukti nyata bahwa tim medis, tim tanggap darurat, hingga posko bencana asap ACT terus melakukan pelayanan bagi warga terdampak bencana kabut asap di berbagai wilayah.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads