JawaPos Radar | Iklan Jitu

Relawan N4J Janjikan Bantu Warga Peroleh Sertifikat Tanah Gratis

20 September 2018, 21:30:59 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Relawan Jokowi
Relawan Nusantara untuk Jokowi (N4J) saat mendeklarasikan dukungan untuk capres Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Dukungan terhadap capres Joko Widodo (Jokowi) dan cawapres Ma'ruf Amin kembali bergulir. Kini dukungan tersebut diwujudkan melalui pembentukan Relawan Nusantara untuk Jokowi (N4J) di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (20/9).

Menariknya, pentolan Relawan N4J merupakan mantan pendukung Prabowo Subianto dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Dialah Rustam Effendy Nainggolan yang kini menjabat Ketua Umum N4J. "Pada 2014 kami pendukung utama dari Prabowo," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Rustam mengungkapkan, dukungan pihaknya beralih setelah merasakan langsung kinerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK). Menurut dia, banyak perubahan di Indonesia selama kepemimpinan pasangan tersebut.

"Kami melihat tiga tahun, empat tahun, perjalanan pemerintahan Jokowi. Kami sangat terharu melihat kinerja Jokowi. Untuk 2019 kami bertekad memenangkan Jokowi jadi presiden," tutur Rustam.

Dia menyebut bahwa N4J sendiri memiliki pengurus atau cabang di 23 daerah Indonesia. Anggotanya berasal dari masyarakat berbagai latar belakang. Selain mendeklarasikan dukungan, timnya juga menggelar rapat kerja nasional yang dihadiri Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Maman Imanulhaq.

Ketua DPD DKI Jakarta N4J sekaligus Ketua Harian DPP N4J Andi Hassan mengaku punya program khusus untuk menggaet hati pemilih pada Pilpres 2019. "Selain mengampanyekan prestasi pasangan petahana tanpa menjelek-jelekkan kubu lawan, N4J bakal membantu masyarakat membuat atau memperoleh sertifikat tanah secara gratis," katanya.

Menurut dia, pemerintahan Jokowi-JK sendiri memang fokus dalam pemberian sertifikat gratis kepada masyarakat. Pada 2017, setidaknya 5 juta sertifikat telah diberikan. "Untuk tahun 2018 ditargetkan 7 juta sertifikat rampung, dan tahun selanjutnya sebanyak 9 juta sertifikat tanah harus sudah dibagikan," paparnya.

"Kita punya program sendiri bagaimana melakukan penerangan ke masyarakat tentang bagaimana membuat sertifikat secara baik dan benar. Termasuk membantu memberi tahu ke masyarakat bagaimana memenuhi syarat-syarat membuat sertifikat," sambung Andi.

Tidak hanya memberikan informasi, lanjut Andi, relawan N4J juga bersama masyarakat ikut mengantar dan mengawal berkas-berkas syarat pembuatan sertifikat ke instansi terkait, seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN). Guna mendukung upaya ini, pihaknya juga mengaku berkoordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

"Tadinya saya mau ketemu hari ini dengan Menteri ATR/BPN, tapi dibatalkan karena ada deklarasi. Kami yakin BPN tidak terbebani, karena justru saat ini mereka kekurangan pekerja (untuk membuat sertifikat)," beber Andi.

Kendati belum dipetakan wilayah mana saja yang masyarakatnya disasar, N4J meyakini tanah atau lahan di kawasan luar Pulau banyak yang belum memiliki sertifikat. Rencananya, dalam satu wilayah N4J berusaha mendorong pembuatan 100-200 sertifikat tanah gratis.

"Banyak sekali kejadian, mereka tidak tahu bagaimana caranya mendapatkan sertifikat. Sebetulnya mendapatkan sertifikat itu kan ada persyaratan membayar pajak, itu yang ditakuti masyarakat (saat membuat sertifikat). Padahal itu untuk dia sendiri," pungkasnya.

(fab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up