alexametrics

Laode Syarif Pertanyakan Sikap MK yang Belum Putus Uji Materi UU KPK

20 April 2021, 13:40:01 WIB

JawaPos.com – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif mempertanyakan sikap Mahkamah Konstitusi (MK) yang belum juga memutus gugatan uji materi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Judicial review (JR) terhadap UU KPK hasil revisi itu sudah dilayangkan sejak 2019 lalu, tetapi hingga kini belum juga diputus.

“Jadi MK saya heran, harusnya gampang sekali untuk menolak. Jadi ini clear cut nggak ada lagi bilang ini abu-abu, dari semua prosedur dilanggar tidak ada yang dipatuhi,” kata Laode dalam sebuah diskusi daring, Selasa (20/4).

Laode menyampaikan, saat revisi UU KPK bergulir dirinya masih menjabat sebagai pimpinan KPK. Dia menyampaikan, pimpinan KPK saat itu tidak diikutsertakan untuk membahas revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

“Apa yang terjadi waktu itu, pimpinan KPK sendiri tidak diajak untuk membahas itu. Mungkin nggak Undang-Undang Pendidikan Nasional, kita mau ubah mau revisi, tapi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak diajak ngobrol. Adab hukum macam apa itu, tidak ada sama sekali,” beber Laode.

Laode menyampaikan, saat masih menjabat sebagai pimpinan KPK sempat menemui langsung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly untuk meminta draf RUU KPK. Tetapi pertemuan itu tak membuahkan hasil.

Dia menegaskan, sampai Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK resmi diundangkan, KPK tidak pernah diikut sertakan dalam pembahasan. Hal ini sangat disesalkan.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads