alexametrics

Fokus PPPK, Tahun Ini Tidak Ada Seleksi CPNS

20 Januari 2022, 14:06:41 WIB

Nadiem Usul Guru Honorer Lolos Passing Grade Tidak Tes Lagi

JawaPos.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim berupaya mempermudah jalan para guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Dia melobi panitia seleksi nasional (panselnas) calon aparatur sipil negara (CASN). Itu menyusul kabar guru-guru honorer yang lolos passing grade dalam seleksi guru PPPK 2021, tapi tidak mendapatkan formasi.

Nadiem menginginkan agar guru yang sebelumnya lolos passing grade tidak perlu tes lagi saat seleksi PPPK guru kembali dibuka. ”Jadi, pada saat formasinya keluar, dia langsung dapat,” ujarnya saat rapat bersama Komisi X DPR kemarin (19/1).

Lobi itu bukan yang pertama dilakukan Nadiem. Sebelumnya, dia meminta agar ada tambahan nilai afirmasi bagi guru honorer yang sudah mengajar puluhan tahun. Mantan bos Gojek tersebut juga meminta agar passing grade untuk seleksi PPPK guru bisa diturunkan mengingat banyak guru honorer yang sudah sepuh.

”Kemendikbudristek posisinya jelas. Kami berjuang di samping guru-guru. Meski ini bukan keputusan Kemendikbudristek, tapi panselnas,” tegasnya.

Dia mengakui, dalam seleksi CASN PPPK guru 2021, muncul sejumlah isu. Terutama yang melibatkan pihak swasta. Mulai lolos passing grade tapi kalah oleh beberapa guru swasta dari sisi ranking hingga soal yayasan yang kehilangan guru. Menurut Nadiem, hal itu merupakan mandat dari UU ASN dalam rekrutmen PPPK guru yang memang harus melibatkan guru swasta dalam seleksi. Selain itu, perlu dipahami bahwa pegawai ASN harus bekerja di dalam organisasi pemerintah, bukan swasta.

Namun, di tengah isu tersebut, Nadiem menilai keberhasilan 293 ribu guru menjadi PPPK guru perlu dirayakan. Jumlah tersebut jauh di atas seleksi-seleksi sebelumnya. ”Guru honorer yang sengsara dengan gaji Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribuan sudah jadi PPPK. Kesejahteraannya terjamin,” tuturnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/wan/c6/fal

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads