alexametrics

Prabowo Sambangi DPR Bahas Penyelesaian Natuna

20 Januari 2020, 10:36:22 WIB

JawaPos.com – Komisi I DPR akan mengadakan rapat kerja dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Rapat kerja itu dilakukan guna membahas langkah kongkrit soal konflik di perairan Natuna.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan rapat bersama itu akan membicarakan klaim sepihak Tiongkok terhadap perairan Natuna. “Masih dibicarakan Natuna dengan menteri-menteri lain,” ujar Prabowo si Gedung DPR, Jakarta, Senin (21/1).

Selain itu Prabowo mengatakan pembicaraan lainnya adalah mengenai pembangunan kekuatan di Natuna. Sehingga tidak ada kapal dari Tiongkok yang memasuki perairan milik Indonesia. “Dibicarakan pembangunan kekuatan dan juga dibicarakan beberapa masalah,” katanya sambil meninggalkan wartawan.

Perahu nelayan bersandar di Pangkalan Nelayan Tanjung Kumbik Utara, Kec. Pulau Tiga Barat, Natuna. (Imam Husein/Jawa Pos)

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, telah terjadi pelanggaran yang dilakukan kapal-kapal China di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Retno menyampaikan, dalam United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982 telah menetapkan bahwa perairan Natuna masuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI). Oleh karena itu ia meminta China mematuhi aturan tersebut.

Retno juga mengatakan, dalam rapat koordinasi para menteri sepakat untuk melakukan patroli di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di perairan Natuna.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads