alexametrics

Tak Akan Lama di Posisi Barunya, Irjen Firli Dititipi Pesan Seniornya

19 November 2019, 10:35:03 WIB

JawaPos.com – Irjen Pol Firli Bahuri telah dilantik menjadi Kabarhakam Polri. Di jabatan barunya ini, dia diperkirakan tidak akan bertahan lama. Sebab, pada Desember mendatang, dia akan dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Pada masa jabatannya yang hanya berkisar satu bulan itu, Firli berjanji akan menjalankan tugasnya dengan baik. Agenda besar yang sudah menantinya yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

“Ke depan kita akan menghadapi pilkada serentak kurang lebih 270 daerah. Untuk itu tentunya Baharkam selaku pelaksana utama Kapolri harus melakukan tugas tersebut sesuai dengan arahan Kapolri,” kata Firli di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Terkait hajat besar itu, Firli mengatakan Baharkam sudah melakukan pemetaan daerah-daerah rawan. Supaya pengiriman logistik, proses kampanye, pemungutan suara dan penetapan suara bisa berjalan dengan baik.

“Kemudian tahap siapa yang terpilih atau tidak. Sampai tahap mungkin ada mengajukan gugatan di MK,” imbuhnya.

Tugas pilkada ini dikatakan Firli sebagai salah satu yang diwariskan oleh Kabarhakam pendahulunya Komjen Pol Condro Kirono.

“Namun tugas yang paling dekat adalah pengamanan natal dan tahun baru,” terang Firli.

Pesan penting lainnya yang dititipkan Condro kepada Firli yaitu, agar bagaimana Kabarhakam bisa mengamankan wilayah Indonesia dengan 17 ribu pulau yang tersebar. Tugas ini dianggap tidak mudah dan memerlukan kecerdasan  dan etos kerja yang tinggi.

Sementara itu, terkait pendeknya masa jabatannya, Firli mengatakan tidak akan menjadi hambatan buatnya untuk berkontribusi bagi polri.

“Pekerjaan tidak hanya bisa dilihat dengan waktu, tetapi bagaimana kita melakukan sesuatu melalui proses dan hasil,” pungkas Firli.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) pejabat tinggi Mabes Polri dan Kapolda. Acara digelar di Aula Bareskrim Polri, Jalan unonjoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Serah terima jabatan ini meliputi, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli yang resmi menjabat Kabarhakam Polri menggantikan Komjen Pol Condro Kirono yang dipindah sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Jabatan Kapolda Sumsel kemudian diserahkan kepasa Irjen Pol Priyo Widyanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Timur. Irjen Pol Muktiono pun resmi melanjutkan kepemimpinan Priyo di Kalimantan Timur.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri resmi menjabat Korsahli Kapolri. Posisinya digantikan oleh Brigjen Pol Istiono yang sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Bangka Belitung. Sertijab ini ditandai dengan pembacaan sumpa jabatan.

Editor : Dimas Ryandi



Close Ads