alexametrics

Prabowo Kirim Taruna Akmil Ke AS dengan Sistem Tukar Pelajar

19 November 2019, 15:49:52 WIB

JawaPos.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berencana mengirim Taruna Akademi Militer Indonesia ke luar negeri seperti ke Amerika Serikat. Namun, wacana ini menuai kritik karena dikhawatirkan bisa mengurangi jiwa corsa sebagai doktrin yang biasa diberikan kepada para Taruna.

Terkait itu, Staf Khusus Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa pengiriman Taruna yang dimaksud Prabowo bukanlah belajar penuh di luar negeri selama proses pendidikan Taruna. Melainkan hanya untuk jangka waktu tertentu sesuai pertimbangan kebutuhan.

“Rencana Menhan meminta TNI mengirim Taruna ke Luar Negeri bukan terkait belajar full diluar negeri. Tentu itu hal yang berbeda. Ini seperti pertukaran pelajar,” kata Dahnil, Selasa (19/11).

Mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu menyampaikan, nantinya para Taruna yang dikirim ke luar negeri bisa mempelajari budaya dan kekhasan militer negara tersebut. Sehingga saat proses pendidikan militer selesai, para Taruna ini memiliki wawasan luas tentang negara lain sebelum berstatus perwira.

“Untuk peningkatan kapasitas perwira selama ini TNI juga sudah melakukan pengiriman beberapa perwira muda bersekolah di luar negeri seperti ke West point AS dan lain-lain,” tegas Dahnil.

Sebelumnya, Prabowo bersama Delegasi Kementerian Pertahanan RI menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat, di Bangkok, Thailand pada Minggu (17/11). Acara ini dihadiri para Menhan dari seluruh negarah Association of Shouteast Asian Nation (ASEAN).

Di tengah-tengah kegiatan ADMM Retreat, Prabowo juga menggelar pertemuan bilateral dengan negara sahabat. Di antaranya dengan Menteri Pertahanan dari Thailand, Filipina, Vietnam, Brunai Darussalam, Laos, dan Amerika Serikat.

“Menhan berdiskusi terkait dengan kerjasama pertahanan antar dua negara, terutama kerjasama pelatihan dan patroli laut untuk menangkal ancaman terorisme,” kata Dahnil tentang kegiatan Prabowo di sana.

Terkait pelatihan militer, Prabowo berencana meminta TNI untuk mengirim Taruna Akademi Militer Indonesia untuk belajar di masing-masing negara di atas termasuk ke Amerika Serikat seperti ke West Point untuk Angkatan Darat, ke Air Force Academy untuk Angkatan Udara, dan ke Annapolis untuk Angkatan Laut. “Diharapkan Taruna yang dikirimkan dapat menyerap pengetahuan kemiliteran dengan sudut pandang negeri lain yang berbeda-beda,” terang Dahnil.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan


Close Ads