JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ketum Baru HPI Prioritaskan Advokasi dan Kesejahteraan Wartawan

19 November 2018, 13:27:57 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Wartawan HPI, Ketum Baru HPI,
Ketum Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pewarta Indonesia (DPP HPI) Maskur Husain. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Aktivitas seorang wartawan sering kali bersinggungan dengan hukum. Bahkan tak jarang yang terjerat hukum akibat aktivitas jurnalistiknya. Kendati dilindungi Undang-Undang Pers, namun wartawan masih saja bisa dijerat KUHP saat menjalankan tugasnya.

Hal tersebut rupanya menjadi perhatian serius Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pewarta Indonesia (DPP HPI) Maskur Husain. Dia mengaku akan menjamin adanya advokasi atau bantuan hukum terhadap para jurnalis yang dipidanakan.

Kebijakan ini merupakan program prioritasnya usai dilantik sebagai pimpinan oleh Dewan Pendiri HPI, Yakub Ismail dan Nasir Bin Umar, beberapa waktu lalu. "Saya melalui HPI akan menjamin bantuan hukum terhadap anggota HPI atau wartawan lainnya," ujar Maskur dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/11).

Menurut Maskur, bantuan hukum ini teramat penting agar para pewarta tetap profesional dalam menjalankan tugasnya. Apalagi, imbuh dia, organisasi profesi kebanyakan hanya mampu mengecam apabila ada wartawan yang tersangkut masalah pidana. Selain upaya advokasi, HPI juga mengakuk bakal memperjuangkan peningkatan kesejahteraan upah wartawan.

"Agenda inilah yang akan HPI jalankan ke depannya. Kita juga akan bersinergi dengan pemerintah untuk mengatasi segala persoalan yang dihadapi jurnalis. Semoga saya akan konsisten dan amanah dalam menjalankan roda kepemimpinan," jelasnya.

Guna mempermudah implementasi program ini, pembukaan cabang HPI di seluruh wilayah Indonesia akan dilakukan. Maskur telah meresmikan Dewan Pimpinan Wilayah HPI Bangka Belitung beberapa waktu lalu, dan akan terus berlanjut ke daerah lain.

"DPW lain di seluruh Indonesia akan mengikuti dan saya akan melakukan road show untuk melantik mereka," tandasnya.

(fab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up