alexametrics

Peluang Susi Pudjiastuti jadi Menteri Lagi Dinilai Terbuka Lebar

19 Oktober 2019, 13:51:05 WIB

JawaPos.com – Peluang Susi Pudjiastuti kembali dipilih sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih terbuka lebar. Susi dinilai banyak memberikan warna baru di Kabinet Kerja periode pertama.

Selain Susi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga diramalkan kembali dipilih Jokowi. Sementara peluang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali dipilih 50:50.

“Susi Pudjiastuti asik tuh kalau masuk, karena people champion. Sri Mulyani (Menteri Keuangan) ya 50:50 lah,” kata pengamat politik Hendri Satrio dalam diskusi Teka Teki Menteri & Koalisi di Jakarta Pusat, Sabtu (19/10) pagi.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indo Barometer Mohammad Qodari menyebut empat nama menteri yang akan dipilih lagi oleh Jokowi. Antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Kemudian Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Menteri Agraria dan Tata Ruang serta Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dan Menteri PPN Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

“Mungkin Menteri ATR Sofyan Djalil, di zaman Pak Sofyan program sertifikasi itu berjalan sesuai yang diminta Jokowi. Dan Bambang Brodjonegoro karena blue print ibu kota dia yang siapkan, kalau ini ganti akan terjadi ketidaksinambungan,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, Susi mengaku menyiapkan sejumlah program jika kembali dipercaya Jokowi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Salah satunya penenggelaman kapal pelaku IUU (Illegal, Unreported and Unregulated) Fishing.

“Kedaulatan sangat terasa. Masih meneruskan apa yang ada, diutamakan kesejahteraan. Memastikan kekayaan yang begitu banyak terdistribusi kepada nelayan,” kata Susi, Jumat (18/10).

Editor : Kuswandi

Reporter : Abdul Rozak



Close Ads