alexametrics

Masuk Urutan 5 Menteri Terbaik, Menlu Retno: It’s Yours, Not Mine!

19 Oktober 2019, 13:35:01 WIB

JawaPos.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi masuk dalam jajaran salah satu dari lima menteri terbaik selama bekerja dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Prestasi itu diungkap oleh Alvara Research Center yang mengumumkan peringkat dan nilai kepuasan publik terhadap kinerja menteri-menteri di era Presiden Jokowi-JK masa bakti 2014-2019.

Selain Menteri Retno, empat menteri lainnya adalah Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menanggapi survei itu, Menteri Retno mengucapkan rasa syukur dan terima kasih bahwa itu semua adalah hasil kerja tim. Menurutnya, survei adalah sebuah pengakuan atas hasil kerja tim bukan untuk dirinya secara personal.

“Saya terima kasih ya tentunya ada apresiasi. Ada survei atau apresiasi. Teman-teman tim saya bilang ‘bu kita dapat ini (survei)’. Kami tim solid sekali. Komunikasi tanpa batas. Saya katakan, It’s yours, not mine,” tegasnya saat wawancara eksklusif dengan Jawa Pos, di Kemenlu, Jakarta, Jumat (18/10).

Meski begitu masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus dilanjutkan oleh penggantinya nanti. Namun dia yakin bahwa sistem yang sudah terbangun akan berjalan siapapun pejabat menterinya.

“Apa sih Retno Marsudi kalau enggak di-backup tim yang solid, komunikasi dengan pimpinan yang membuka akses dan arahan yang jelas. Terima kasih dan kalau ada pengakuan bukan untuk saya tapi untuk tim saya,” ujar Menteri Retno.

Menurutnya dinamika dunia tak akan berhenti bergerak dan akan selalu menghadapi berbagai masalah setiap waktu. Maka ketika bicara sistem dan lembaga, kementerian akan selalu siap mendukung pemerintahan.

“Dunia ini kan enggak berhenti ya. Apa yang kami selesaikan hari ini mungkin nanti muncul bentuknya lain. Saya bicara sistem, institusi, saya rasa Kemenlu siap jalankan kerja bareng pada periode selanjutnya dengan beberapa penajaman,” ujarnya.

Dan pesan indah diungkapkan Menteri Retno di hari-hari terakhirnya bekerja. Itu sebagai pesan untuk para Warga Negara Indonesia dan buruh migran Indonesia yang bekerja di luar negeri. Dia menjamin mereka selalu akan punya rumah di negara manapun apalagi ketika mereka menghadapi masalah.

“Saya kira untuk WNI terutama saat bepergian atau bekerja di luar negeri, Anda akan selalu akan punya rumah, kami punya perwakilan-perwakilan di luar negeri apabila Anda punya suatu masalah, telepon dan datang ke KBRI, ke KJRI. Insya Allah tim akan dengan senang hati membantu masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia. Anda memiliki rumah di banyak negara. Ini jaminan untuk (pejabat) selanjutnya juga. Ini adalah lembaga yang sistemnya sudah dibangun siapapun yang akan menduduki jabatan Menlu,” tutup Menlu Retno.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads