JawaPos Radar

Maknai HUT RI, KORNI: Lanjutkan Pembangunan dan Raih Prestasi

19/08/2018, 15:43 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Maknai HUT RI, KORNI: Lanjutkan Pembangunan dan Raih Prestasi
Ketua Umum Korni M. Basri (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Komite Relawan Nasional Indonesia (KORNI) mengajak kepada seluruh masyarakat dari berbagai elemen agar dapat memaknai lebih dalam terhadap tujuan dan hakekat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa. Tentunya untuk mewujudkan kesejahteraan, keadilan dan kemajuan negara yang berdaulat penuh.

“Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pembangunan menjadi tolak ukur maju dan mundurnya suatu bangsa, dengan melaksanakan pembangunan yang adil dan merata sesuai dengan nilai dari butir-butir Pancasila,” kata Ketua Umum KORNI M. Basri BK di Jakarta, Minggu (19/8).

Oleh karena itu, KORNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintahan saat ini di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Pasalnya, terdapat beberapa progres pembangunan yang telah dirasakan masyarakat, terutama mereka yang berada di pelosok daerah.

KORNI pun mendorong supaya target pemerintah untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur dapat tercapai. Misalnya, pada tahun 2019, akan terbangun sebanyak 29 bendungan, jalan tol sepanjang 47.017 kilometer, 100 pelabuhan, dan 15 bandara.

“Pembangunan juga dinikmati oleh warga di perkotaan, antara lain melalui LRT di Palembang atau MRT Jakarta. Selanjutnya, pembangunan yang merata itu juga terwujud dari penyaluran dana desa, pembangunan wilayah di perbatasan negara, dan adanya kawasan industri di luar Jawa,” paparnya.

Basri melihat, tahapan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah saat ini telah diimbangi dengan pembangunan di bidang sumber daya manusia sehingga terintegrasi pada simpul-simpul pertumbuhan ekonomi nasional. “Kami meyakini, fondasi itu guna meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat dunia,” tuturnya.

Apalagi, pemerintah telah meluncurkan peta jalan Making Indonesia 4.0 sebagai upaya kesiapan dalam menghadapi era ekonomi digital. Langkah strategis ini juga menjadi arah yang jelas untuk menuju kemajuan peradaban bangsa Indonesia.

“Dengan nantinya kita menikmati bonus demografi, kami optimistis pada pencapaian aspirasi Indonesia bisa menjadi 10 negara terbesar dengan perekonomian terkuat di dunia tahun 2030,” imbuhnya.

Di tengah momentum memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Republik Indonesia, KORNI sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk menggelorakan semangat dalam mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018. “Jadi, kita harus sukses di event dan prestasi. Sesuai juga tema HUT RI kali ini, Kerja Kita Prestasi Bangsa,” tegas Basri.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up