JawaPos Radar

Ragu Bisa Menang, Lalu Muhammad Zohri Tidak Dipasang di Asian Games

19/07/2018, 11:16 WIB | Editor: Kuswandi
Lalu Muhammad Zohri
Lalu Muhammad Zohri (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Lalu Muhammad Zohri membuat kejutan di kejuaran dunia atletik cabang lari 100 meter. Menjadi pelari yang tidak diunggulkan justru membuat Zohri menggila dan berhasil meraih medali emas, mengalahkan pelari favorit dari Amerika dan Jamaika.

Meski baru saja mendapat prestasi gemilang, Zohri disebut tidak akan diturunkan dalam ajang Asian Games mendatang. Umur yang masih relatif muda dibanding calon peserta di pesta olahraga se-Asia itu disebut menjadi salah satu pertimbangannya.

"Mungkin Zohri saya tidak bisa pasang (di Asian Games), ya kan bulan ini dia baru umur 18 tahun," ungkap Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Bob Hasan di Lapangan Madya komplek Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Kamis (19/7).

Bob menjelaskan, khusus di cabang lari 100 meter Asian Games, diperkirakan ada beberapa pelari negara lain mampu menempuh jarak tersebut dalam waktu di bawah 10 detik. Dengan itu pria berusian 81 tahun itu ragu jika Zohri bisa dipastikan menang.

"Karena yang lari di bawah 10 detik itu ada tiga negara, China, Jepang dan Qatar karena mereka beli atlet. Jadi kalau Zohri kita turunin apa dia bisa menang, kan belum tentu," terangnya.

Oleh sebab itu, Bob mengaku akan berdiskusi terlebih dahulu dengan tim pelatih. Karena jika Zohri ditandingkan namun kalah dikhawatirkan bisa merusak mentalitasnya.

Sementara itu Bob lebih optimis jika Zohri diproyeksikan untuk olimpiade Tokyo 2020. Pada kontestasi Olimpiade mendatang itu, pria asal Lombok itu disebut akan semakin matang.

"Jadi kita bicarakan dulu sama pelatih dan tim dokter. Karena kalau kita pasang (di Asian Game tapi) kalah buat apa, umurnya juga masih muda, nanti rusak. Jadi lebih baik kita simpan dia buat tahun 2020, Olimpiade di Tokyo," tandasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up