JawaPos Radar

Pendamping Jokowi Harus yang Bisa Jawab Tantangan Industrialisasi

19/07/2018, 20:59 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Pendamping Jokowi Harus yang Bisa Jawab Tantangan Industrialisasi
Presiden Joko Widodo (Dok JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pendamping Joko Widodo pada Pilpres 2019 nanti harus benar-benar cocok. Cawapres Jokowi nanti dinilai harus sosok yang mampu menjawab tantangan industrialisasi ke depan.

Hal tersebut terkemuka di forum diskusi Komunitas Tentang Golkar bertema Partai Golkar dan Peta Politik Jawa Barat menuju Pemilu 2019, di Bandung, Rabu (18/7).

Dalam diskusi itu mengemuka sosok Airlangga Hartarto, yang bergelut di dunia perindustrian. Sejauh ini Airlangga dinilai pas untuk mendampingi Jokowi di Pilpres nanti.

Ketua DPD II Partai Golkar Bandung Deden Y Hidayat mengungkapkan, Jokowi butuh pendamping dari kalangan teknokrat atau profesional. Hal itu sebagai jawaban dari tantangan industrialisasi.

"Jokowi butuh pendamping dari kalangan profesional atau teknokrat di 2019," ujar Deden.

Deden mengatakan, hal itu untuk menjawab tantangan industrialisasi yang semakin menguat. Kandidat dari Partai Golkar adalah Airlangga Hartarto.

Sementara itu, dalam diskusi itu dibahas juga khususnya dalam memproyeksikan peta politik usai pilkada di Jawa Barat.

Peneliti Pusat Studi Reformasi Birokrasi dan Local Governance dari Universitas Padjadjaran, Yogi Suprayogi mengatakan, peta politik menuju Pilpres 2019 di Jawa Barat tidak dapat ditentukan dari hasil Pilgub 2018.

Menurutnya, peluang Partai Golkar mengamankan basis dan suara potensial masih sangat terbuka lebar.

"Golkar masih memiliki peluang yang cukup besar, mengingat kondisi politik di Jawa Barat masih sangat cair dan tidak bisa dipastikan hanya dari hasil Pilkada 2018," ujar Yogi.

(yuz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up